3 Kesalahan Besar Dalam Melakukan Public Speaking
Siker.id | 20 May 2022 08:30


Bagikan ke
Kesalahan public speaking (siker)

siker.id - Kesalahan dalam public speaking sebagian besar terjadi karena rasa panik atau cemas yang berlebihan. Menurut data National Institute of Mental Health di AS, 74% orang mengalami speech anxiety, yaitu perasaan gugup saat harus berbicara di depan umum. Apakah kamu salah satu orang yang mengalami hal serupa? Salah satu cara untuk mengurangi rasa gugup itu adalah dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Sebelum berbicara di depan umum, ketahui dulu kesalahan-kesalahan yang biasanya dilakukan. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tips Public Speaking Bagi Mahasiswa

Tidak mengetahui audiens dengan baik

Public speaking atau presentasimu tidak akan dinilai bagus jika konten yang disampaikan tidak sesuai dengan audiens. Meskipun sudah melakukan persiapan dengan matang, konten yang tidak sesuai dengan audiens akan dinilai tidak menarik, dan orang-orang tidak akan mendengarkan. Untuk menghindari kesalahan ini dalam public speaking, kamu harus tahu orang-orang seperti apakah yang akan mendengarkanmu. Pikirkan bagaimana topik yang kamu bicarakan bisa membantu mereka dan berikan informasi yang mereka butuhkan.

Membaca slide dan menggunakan terlalu banyak angka

Slide PowerPoint sangat membantu saat public speaking, dan tentu disarankan untuk digunakan. Hanya saja, kalau kamu terlalu sering membaca slide dan tidak memperhatikan audiens, ini akan membuat mereka merasa tidak diperhatikan. Sebaliknya, mereka pun akan tidak mendengarkanmu dengan baik. Selain itu, kesalahan lainnya saat public speaking menggunakan slide adalah menampilkan terlalu banyak data. Data di slide berupa angka cenderung sulit dibaca dan membosankan. Jadi, sebisa mungkin, cari cara untuk menyampaikan data tersebut dengan menarik, baik secara visual maupun verbal.

Baca juga: Berikut Ini Cara Melatih Public Speaking

Tidak bersemangat dan kurang menarik di awal

Level energi saat kamu menyampaikan topik harus dijaga mulai dari awal sampai akhir. Jangan sampai terdengar lesu atau tidak bersemangat. Pasalnya, ini akan memengaruhi perasaan audiens juga. Dengan pembawaan yang penuh energi, kita bisa menarik perhatian orang untuk mendengarkan dengan baik. Selain itu, sangat penting juga untuk mengerahkan semangat paling besar di awal dan memulai public speaking dengan cara yang menarik. Ketika awalnya sudah menarik, orang akan lebih ingin mendengarkan apa yang kita sampaikan.

Sekian artikel tentang kesalahan-kesalahan dalam melakukan public speaking. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Agar Menjadi Public Speaker Yang Handal


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar