3 Kiat Sukses Menjadi Public Speaker yang Baik
Siker.id | 20 May 2022 13:00


Bagikan ke
Kiat menjadi public speaker (siker)

siker.id - Berbicara di depan umum sering kali banyak dilakukan dalam dunia kerja. Untuk itu, kamu harus memperhatikan beberapa tips agar bisa menjadi public speaker yang baik dalam mengolah kata-kata didepan umum. Sebagian orang mungkin tidak mudah mengontrol dirinya dengan baik saat berbicara di hadapan banyak orang. Terkadang, tangan bisa gemetaran ketika berbicara hingga lupa dengan apa yang ingin dibicarakan karena merasa sangat grogi. Berikut tips menjadi public speaker yang tangguh.

Baca juga: 3 Penyebab Masa Depan Karir Tidak Menentu

Pahami materimu

Hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah tidak menguasai materi dengan baik. Alhasil, mereka kebingungan dalam menyampaikan pesan kepada semua orang. Ada salah satu trik khusus untukmu dalam memahami materi yang ingin dibicarakan. Dilansir dari Forbes, kamu bisa membagi struktur materi ke dalam tiga bagian, yaitu awal, tengah, dan akhir. Cari bagian yang sekiranya dapat diselipkan cerita-cerita bagus atau sekadar humor. Hal ini dapat membantumu dalam mencairkan suasana serta menghafal apa saja poin yang ingin kamu sampaikan.

Latihan dan latihan

Sebelum berbicara, ada baiknya kamu harus melakukan latihan terlebih dahulu. Lakukan latihan di hadapan cermin agar kamu juga bisa memahami gerak-gerik wajah sendiri saat sedang berbicara. Sesekali lakukan bahasa tubuh yang nyaman bagimu dan juga bagi seluruh audiens. Selain itu, tetap simpan poin-poin apa saja yang ingin disampaikan agar tidak lupa. Latihan secara terus-menerus menjadi salah satu tips yang ampuh untuk menjadi public speaker yang baik.

Baca juga: 3 Tips Hindari Kesalahan Dalam Menentukan Karir

Perhatikan bahasa tubuh

Kebanyakan dari kita tidak menyadari saat berbicara ada bahasa tubuh yang sering dilakukan dan cukup mengganggu audiens. Sebagai contoh, sering memasukkan tangan ke saku, menggaruk leher, memainkan jari dengan gelisah, sering mondar-mandir, dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin, hindari bahasa tubuh yang justru membuat audiens tidak nyaman seperti contoh di atas. Gunakan bahasa tubuh yang memperkuat kamu saat berbicara, seperti menggerakkan tangan, senyum, dan sebagainya. Tips ini tampaknya harus dipraktikkan secara rutin supaya menjadi public speaker yang baik, terutama agar piawai menguasai panggung.

Sekian artikel tentang kiat sukses menjadi public speaker yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Langkah Dalam Merintis Karir Mencapai Kesuksesan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar