Kenali Jenis Perusahaan Jasa Ini!
Siker.id | 28 Jul 2022 15:05


Bagikan ke
Jenis perusahaan jasa (siker)

siker.id – Pernahkah kamu memotong rambutmu di salon ataupun barbershop? Pernahkah juga kamu menikmati layanan bimbingan belajar pada suatu lembaga bimbingan belajar tertentu di daerah kamu?

Nah, kedua hal tersebut tergolong dalam produk yang ditawarkan oleh perusahaan jasa. Apa sih itu perusahaan jasa? Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik ataupun berwujud, melainkan berupa layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan/ konsumen.

Layanan tersebut dapat berupa keahlian yang dimiliki. Aktivitas ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba dari layanan jasa yang ditawarkan.

Nah, menurut kamu apa saja jenis-jenis perusahaan jasa yang terdapat di Indonesia? Yuk, cari tahu di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan!

Jasa Perizinan

Tanpa suatu izin, usaha atau perusahaan tidak dapat beroperasi, bukan? Untuk itu, mengurus perizinan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pelaku bisnis. Jangkauan perizinan yang ditangani pun cukup beragam, di antaranya ada pendaftaran HAKI, izin usaha industri, izin tenaga kerja asing, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jasa layanan konsultasi dan legalisasi perizinan tersebut.

Jasa Transportasi

Jasa transportasi ini menyediakan layanan transportasi bagi masyarakat luas untuk memenuhi kebutuhan transportasi mereka.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi ini terdiri dari darat, udara dan laut. Beberapa peusahaan yang menjalankan jasa ini antara lain, Garuda Indonesia, PT KAI, dan PT Pelni.

Jasa Telekomunikasi

Pada era digitalisasi seperti saat ini, jasa telekomunikasi sangat diminati oleh masyarakat. Apa jadinya jika tidak ada perusahaan yang bergerak di bidang ini? Alhasil komunikasi tidak bisa berjalan. Contoh perusahaan yang menjalakan bisnis ini adalah Telkom Indonesia.

Baca Juga: 4 Manfaat Manajemen Risiko bagi Perusahaan

Jasa Keuangan

Society behavior yang berkaitan dengan peredaran uang seringkali menyebabkan masyarakat mengalami surplus ataupun kekurangan jumlah uang. Artinya, ada kalanya sebagian kecil kelompok masyarakat mengaku kekurangan uang dan ada kalanya juga mereka bingung akan menginvestasikan uangnya ke mana dikarenakan kelebihan uang.

Untuk itulah, perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan ini bertugas membantu masyarakat dalam hal pengelolaan finansial tersebut.

Jasa Kesehatan

Penyediaan layanan jasa kesehatan semakin dibutuhkan masyarakat, terlebih di masa pandemi COVID-19 ini. Semua orang membutuhkan rumah sakit atau berbagai jenis perusahaan bidang jasa kesehatan lain untuk tetap dapat hidup sehat.

Juga, mereka memerlukan pendampingan dari sisi kesehatan mental agar imunitas tubuh selalu terjaga.

Jasa Pendidikan

Bidang jasa pendidikan tak hanya menyediakan layanan jasa pendidikan tetapi juga mampu menarik minat masyarakat lebih besar karena kebutuhan pendidikan yang semakin dibutuhkan.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang tertarik di bidang jasa pendidikan ini. Contohnya adalah lembaga bimbingan belajar atau bimbel.

Jasa Editor

Setiap proyek pekerjaan di dunia kreatif tentunya diperlukan jasa dari seorang editor. Apa itu editor? Editor merupakan seorang yang bertanggung jawab dalam memastikan dan memperbaiki suatu proyek agar tidak terjadi kesalahan ketika ingin mempublikasikannya.

Bukan hanya untuk pekerjaan penulis saja, namun editor di sini juga untuk pekerjaan dalam dunia fotografi maupun perfilman. Editor dapat dikatakan sebagai seorang yang terlibat dalam semua aspek yang dikerjakan di suatu proyek tersebut karena memiliki peran yang cukup krusial.

Beberapa contoh jasa editor yang ada di Indonesia yakni, editor film, editor foto, copy editor (penyunting naskah, ejaan, data, dll) dan ada juga editor suara.

Jasa Fotografi dan Videografi

Industri kreatif menyediakan berbagai pekerjaan termasuk jasa fotografi dan videografi ini. Meskipun kedua jasa ini terdengar mirip, namun teknik yang digunakan tetap berbeda.

Jasa fotografi menawarkan jasa dengan keahliannya memotret suatu benda mati maupun hidup yang hasilnya dapat digunakan untuk kepentingan pribadi dari konsumen atau juga digunakan sebagai kepentingan perusahaan.

Sementara, videografi lebih pada teknik pengambilan video, pergerakan kamera hingga menghasilkan video yang layak sesuai dengan permintaan konsumen atau pelanggan.

Nah, itu tadi Jenis Perusahaan Jasa yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Awas! Ini 5 Penyebab Perusahaan Pailit


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar