Awas! Ini 5 Penyebab Perusahaan Pailit
Siker.id | 15 Jul 2022 14:15


Bagikan ke
Penyebab Perusahaan Pailit (siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Tahukah kamu apa itu pailit? Pailit ialah sebuah situasi dimana pihak debitur tidak mampu atau kesulitan untuk membayar utang (uang pinjaman) dari kreditur (pemberi pinjaman uang), dan kemudian pengadilan menyatakan pailit.

Artinya, perusahaan yang gagal mengembalikan uang pinjamannya kepada kreditur saat jatuh tempo, perusahaan itu bisa-bisa terkena pailit.

Jika kasus ini terjadi, maka perusahaan atau kreditur yang memberinya uang pinjaman akan melaporkan situasi ini ke pengadilan. Pengadilan nantinya akan menunjuk seorang kurator untuk mengurus dan menjual aset-aset perusahaan yang gagal membayar tersebut, dan uangnya diserahkan kepada kreditur.

Menurut kamu, apa yang menyebabkan perusahaan dalam kondisi pailit? Simak di bawah ini ya, sobat siker.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut

Berhenti Berinovasi

Inovasi adalah hal yang perlu dilakukan. Kenapa? Karena untuk memunculkan wajah baru perusahaan. Nantinya, konsumen pun merasa puas dan bangga dengan inovasi yang diciptakan.

Sayangnya, ketika perusahaan sudah merasa pada titik puncak, kemudian enggan melakukan inovasi, perusahaan melupakan persaingan yang semakin canggih dan ketat seiring berkembangnya dunia teknologi.

Kurang Menganalisis Kompetitor

Saat perusahaanmu cenderung merasa puas, tanpa disadari, dibelakang perusahaanmu sudah banyak perusahaan yang serupa dan sudah memasang kuda-kuda untuk menyaingi perusahaan kamu. Kompetitor bukanlah hal yang negatif, dan tidak melulu berbicara soal persaingan licik. Namun, coba artikanlah ini sebagai persaingan sehat yang dapat memotivasi perusahaanmu untuk bekerja lebih baik lagi.

Baca Juga: Tanda-Tanda Perusahaan Bangkrut, Baca Ini

Menetapkan Harga yang Terlalu Mahal

Beberapa orang percaya bahwa harga mahal akan membuat produk menjadi tampak lebih bagus dan lebih mewah dari aslinya. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika ada perusahaan baru yang mengeluarkan produk mirip dengan barang perusahaanmu dan menjualnya jauh lebih murah? Kemungkinan perusahaanmu akan ditinggal konsumen.

Terlalu Fokus pada Pengembangan

Idealnya, perusahaan butuh pengembangan dalam segala lini bisnis dan hal tersebut dapat dijadikan sebagai sumber penambahan pemasukan bagi perusahaan. Mungkin saja, memikirkan ide pengembangan menjadi hal yang sangat sulit sehingga para pengembang lebih fokus memikirkan perkembangan yang sedang dibuat dan mengabaikan produk yang sudah dimiliki.

Terlilit Utang

Pinjam meminjam uang tidak hanya terjadi pada perorangan, namun juga perusahaan. Adalah fakta bahwa memang banyak perusahaan yang berhutang pada beberapa perusahaan besa untuk menopang kehidupan perusahaannya. Jika perusahaan tidak memiliki daya membayar utang yang sehat, maka bukan tidak mungkin perusahaan akan terjerat pailit. Jadi, tetap berhati-hati dalam mengambil utang.

Nah itu tadi, 5 Penyebab Perusahaan Pailit yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Awas ! Kenali Penyebab Turnover Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian