3 Cara Anti Baper Hadapi Kritikan Orang Lain
Siker.id | 01 Jun 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kritikan, adalah suatu hal yang terkadang bisa terdengar pedas maupun bersifat membangun. Namun, tidak semua orang bisa menerima sebuah kritikan. Seseorang terkadang baper ketika diberi kritikan, hingga kadang menyalahkan orang lain yang memberi kritik tersebut.

Lalu bagaimana sih agar kita tidak baper saat mendapatkan kritikan dari orang lain? Berikut caranya.

Baca juga : 3 Cara Memanfaatkan Istirahat Makan Siang

1. Dengarkan Dulu, Tak Perlu Libatkan Emosi

Jangan buru-buru menganalisis kritik yang diberikan, dengarkan saja dulu. Diam dulu dan cerna selama beberapa saat kritik tersebut.

Tiap orang membutuhkan waktu yang berbeda, bisa beberapa menit atau hanya lima detik. Dalam durasi tersebut, kita dapat dengan mudah terdorong untuk membela diri dan bersikap defensif. Tapi tanggapan yang kita berikan saat kritik datang, boleh jadi itulah segalanya yang menunjukkan kualitas diri kita.

Baca juga : 3 Cara Ampuh Negosiasi Gaji

2. Fokus pada Sisi Positif dan Solusi

Setelah mencerna kritik yang disampaikan, kita perlu melontarkan pertanyaan untuk mendapatkan penjelasan. Dengan bertanya, kita dapat menggiring kritik tersebut pada langkah-langkah yang lebih kongkret untuk melakukan perbaikan, bahkan menemukan solusi.

Tidak perlu berpikir kemana-mana, fokus saja dulu untuk melibatkan si pemberi kritik dalam membuat perbaikan bersama-sama.

3. Terima Kritik, Sampaikan Terima Kasih

Sebenarnya kita semua memerlukan kritik yang membangun. Kritik yang baik adalah wujud perhatian orang lain, baik itu teman, orang tua, guru, atau dosen.

Dengan kritik tersebut, kita harus berterima kasih ketika ada kritik yang dialamatkan pada kita. Itulah kesempatan kita untuk berubah dan memperbaiki diri.

Demikian di atas tadi adalah beberapa cara agar kita tidak baper ketika diberi kritik oleh orang lain, cermati juga kebenaran dari kritik tersebut, apabila sekiranya tidak benar, kamu boleh memberikan pertanyaan atau memberi penjelasan.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Elegan Ketika Menghadapi Teman Suka Copycat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar