3 Cara Ampuh Negosiasi Gaji
Siker.id | 27 May 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Ketika kamu meneriwa tawaran kerja baru atau mendapatkan promosi, kamu tidak perlu takut untuk menanyakan atau negosiasi gaji. Karena hal wajar ketika kamu melakukan negosiasi gaji, entah karena posisi yang ditawarkan atau memang di sesuaikan dengan kebutuhanmu nantinya.

Selain mempersiapkan angka gaji yang kamu inginkan, ada beberapa hal dibawah ini cara negosiasi gaji yang bisa kamu lakukan.

Baca juga : 3 Tips Mengelola Gaji Magang dengan Baik

1. Diskusi dengan HRD

 Ada juga cara lain untuk mengetahui nilaimu, yakni melalui diskusi dengan divisi sumber daya manusia atau HRD di kantormu. Sebab, divisi ini pasti memiliki berbagai informasi mengenai kisaran gaji yang bisa kamu terima. Mereka pun dapat memberikan saran sebelum kamu meminta kenaikan gaji.

2. Hindari menggunakan rentang angka gaji

Saat bernegosiasi, ada baiknya kamu tidak menggunakan rentang angka gaji. Berikanlah angka pasti. 

Kenapa? Karena jika kamu memberikan rentang angka gaji, maka kamu akan terlihat bersiap untuk menyerah dalam negosiasi gaji dan lawan bicaramu tentu akan memberikan angka yang paling kecil dari rentang tersebut.

Baca juga : Driver Ini Di Gaji Besar Hingga 2 Digit Di Indonesia

3. Pikirkan dengan orang-orang disekelilingmu 

Saat kamu berpikir untuk melakukan negosiasi gaji, pikirkan bahwa besaran gaji yang kamu minta akan berdampak pada orang-orang di sekelilingmu, terutama keluarga dan masa depan. Kamu mungkin memiliki tanggungan orang tua, istri, anak dan kamu dituntut untuk memberikan kehidupan yang layak pada mereka.  

Tak ada salahnya bila kamu juga membawa mereka dalam percakapan tentang negosiasi gaji ini dengan atasan. Siapa tahu, atasanmu akan merasa tersentuh dan peka bahwa memang kamu memiliki banyak beban dalam keluarga. 

Nah, itulah dia di atas beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin negosiasi gaji, cari juga hari yang pas untuk melakukan negosiasi tersebut, jangan sampai ketika hari sedang hectic dan mood atasan atau HRD tidak baik, kamu malah semakin memperkeruh mood mereka.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 9 Fasilitas Untuk Karyawan Yang Wajib Selain Gaji


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar