3 Tips Jaga Profesionalitas saat Sekantor dengan Mantan
Siker.id | 09 May 2022 16:00


Bagikan ke
Jaga profesionalitas dengan mantan (siker)

siker.id - Dunia memang kadang terasa sempit sekali. Kamu cukup lama berpisah dengan mantan, putus kontak, dan berpikir tak akan lagi bertemu dengannya. Namun ternyata, pada suatu hari kamu bahkan mendapati dia berada di kantor yang sama denganmu! Entah dia atau kamu yang berstatus sebagai karyawan baru, pertemuan ini tentu bikin kalian kaget. Kian buruk perpisahan kalian dulu, pasti kalian juga kian canggung satu sama lain. Lantaran ini lingkungan kerja, pastikan kamu tetap ingin menjaga profesionalitas dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Baca juga: Berikut Tips Menjaga Profesionalitas selama Bekerja

Hindari membicarakan masa lalu kalian pada teman yang lain

Hati-hati dengan keinginan kamu berbagi cerita tentang masa lalumu bersama mantan. Bisa saja cerita tersebut kemudian menyebar ke mana-mana, termasuk sampai di telinga mantan. Kalau dia tutup mulut, maka jelas sudah kamulah yang menceritakannya. Dia barangkali akan merasa sangat malu. Perasaannya yang semula telah netral padamu bahkan menganggap kamu seperti sahabat, berubah menjadi negatif. Bahkan lebih negatif ketimbang ketika kalian dulu putus.

Jangan panik saat kalian harus berduaan di suatu tempat

Rasa kurang nyamanmu kalau harus berduaan dengannya dapat dimaklumi. Akan tetapi, berusahalah buat mengendalikan perasaan ini sehingga tak berubah menjadi kepanikan yang mudah dibaca oleh siapa saja, termasuk dia. Ketika jam makan siang misalnya, apabila kursi yang tersisa hanya di mejanya, kenapa kamu tidak menghampirinya saja? Tak perlu khawatir dia bakal mengartikan kamu tengah berusaha kembali menarik hatinya. Faktanya, kamu mau duduk di mana lagi jika bukan di situ? Padahal, membawa makanan ke ruang kerja juga dilarang dalam peraturan kantor. Keputusanmu buat duduk semeja dengannya dan makan siang bersama adalah hal yang masuk akal.

Baca juga: 3 Tips Resign Biar Kelihatan Profesional

Lebih fokus pada pembahasan pekerjaan

Sekalipun sikapmu perlu luwes dalam bergaul dengannya, sebaiknya kalian memang tidak terlalu banyak membicarakan hal-hal di luar pekerjaan. Takutnya, topik masa lalu justru kembali mengemuka dan itu memperburuk hubungan kalian yang telah membaik. Pastikan kamu tampak bersungguh-sungguh tak lagi mempermasalahkan masa lalu kalian. Sekarang, yang menjadi prioritasmu apalagi saat di kantor hanyalah segala yang berhubungan dengan pekerjaan, bukan perasaan.

Sekian artikel tentang jaga profesionalitas saat sekantor dengan mantan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Sikap Profesional saat Pertama Kali Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar