icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Anda Ingin Lolos Tahapan Interview User Berikut Tipsnya
Siker.id | 17 Nov 2021 16:15


Bagikan ke
Penting bagi kita tahu bagaimana caranya bisa lolos interview user. (siker)

siker.id - Setelah lolos dari tahap interview pertama, selanjutnya Anda akan menghadapi interview user. Interview user adalah bagian wawancara terakhir yang menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kesan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat dan potensial. Perekrut pasti akan membutuhkan kandidat yang memiliki antusiasme besar. Maka dari itu, mereka biasanya juga mengajukan beberapa pertanyaan terkait motivasi Anda dalam melamar. Pertanyaan tersebut mungkin sederhana, tapi diperlukan strategi untuk menjawabnya. Agar persiapan Anda semakin matang, berikut adalah tips menjelang interview user yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga: Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD

1. Pahami Posisi Pekerjaan yang Anda lamar

Pada saat Anda melamar posisi pekerjaan di sebuah job portal online, terlebih dahulu Anda membaca job description yang tertera di bagian badan iklan lowongan. Pelajari jobs desc yang nantinya akan diberikan perusahaan kepada Anda jika Anda diterima di posisi pekerjaan tersebut. Apa sajakah kemampuan yang perlu Anda kuasai untuk bisa diterima pada posisi atau jabatan tersebut? Dan jenis kegiatan apa yang nantinya perlu Anda lakukan jika diterima? Jika Anda mempelajarinya secara detail, Anda akan dapat menarik perhatian user.

2. Lakukan Riset pada Perusahaan

Selanjutnya, Anda perlu melakukan riset seputar informasi penting perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan sebelum sesi interview user Anda hadapi. Cari tahu info profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta kelebihan dan kekurangan perusahaan yang akan Anda tuju agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

3. Kenali User Anda

Jangan lupakan juga cari tahu sebanyak-banyaknya tentang siapa user yang akan melakukan interview pada Anda. Kabar baiknya adalah, biasanya perusahaan akan memberikan undangan interview dengan disertai nama pewawancara atau user. Ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh Anda sia-siakan untuk menggali informasi secara detail mengenai user Anda baik melalui internet maupun teman Anda yang telah bekerja lebih dulu di perusahaan tersebut.

4. Menjabarkan Pencapaian yang Spesifik

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan seseorang saat interview adalah memberikan jawaban umum untuk pertanyaan yang spesifik. Padahal, perekrut mencari kandidat yang memiliki keunggulan dibandingkan pelamar lainnya. Justru, buktikanlah dengan data, misalnya berapa total penjualan yang telah Anda capai atau proyek apa saja yang Anda jalani saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

Baca juga: Trik Cepat Dipanggil Interview Kerja

5. Antisipasi Pertanyaan Mengenai Gaji

Pembahasan mengenai gaji bisa dilakukan kapan saja. Baik saat interview bersama HR, user, atau dengan CEO. User bahkan bisa mengajukan kembali pertanyaan tersebut walaupun Anda telah menjawabnya sebelumnya. Pikirkan rentang yang masuk akal berdasarkan posisi yang kamu lamar. Sertakan tunjangan kesehatan, uang makan, serta kompensasi lain yang menjadi hakmu.

6. Membawa Resume, CV, dan Dokumen Lain

Beberapa orang beranggapan bahwa interview user hanyalah formalitas sehingga tidak membawa dokumen lamaran yang diperlukan. Mereka berpikir bahwa para user sudah mendapatkan salinan resume dari HR. Bawalah resume, CV, dan dokumen yang Anda gunakan saat melamar. Bila perlu, bawalah portofolio yang menunjukkan hasil kerja Anda.

7. Datang Tepat Waktu

Kesan pertama selalu menjadi bagian yang penting pada saat proses seleksi dan rekrutmen karyawan, terutama saat interview user. Datang tepat waktu merupakan hal yang wajib Anda lakukan, bila perlu datang tepat waktu atau 30 menit sebelum sesi interview user dimulai. Jangan biarkan user memberi nilai minus kepada Anda karena Anda datang terlambat dan membiarkannya menunggu. Pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal agar tidak terlambat datang saat interview user.

8. Jangan Ragu untuk Bertanya

Biasanya, pada saat interview user, pewawancara atau user akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya. Itu sebabnya, Anda perlu membuat daftar pertanyaan seputar pekerjaan yang akan Anda lamar kelak. Namun, alangkah baiknya Anda bersabar sampai saat itu tiba. Jangan bertanya terlebih dahulu sebelum user memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya.

9. Bersikap Sopan dan Tunjukkan Sisi Unik Anda

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika menghadapi sesi interview user adalah bersikap sopan saat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh user, dan jawab dengan menunjukkan sisi unik diri Anda yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tunjukan bahwa Anda spesial karena memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki orang lain. Anda spesial karena mampu menghadapi situasi sulit dengan tetap bersabar dan menjaga sikap Anda untuk tetap sopan.

Sekian artikel tentang mempersiapkan diri saat interview user. Bila Anda menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Dan jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Begini Pertanyaan Seputar Wawancara Kerja, Simak Yuk !


Editor: Theo Adi -

     

Komentar