Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Menjawab Pencapaian Terbesar Dalam Hidup
Siker.id | 06 Dec 2021 18:30


Bagikan ke
Dari sekian banyak pertanyaan saat wawancara kerja, ada satu pertanyaan yang mungkin bisa membuat Anda bingung, yaitu "Apa pencapaian terebsar dalam hidup Anda?" (siker)

siker.id - Wawancara menjadi langkah selanjutnya setelah Anda memberikan CV. Ketahuilah cara menjawab pertanyaan interview sehingga Anda bisa memberikan jawaban yang memuaskan. Pertanyaan seperti “apa pencapaian terbesar dalam hidupmu?” merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan perusahaan. Tidak mungkin tidak ada yang pernah Anda capai selama hidup. Ketika mendapat pertanyaan ini Anda bisa menunjukan pengalaman hidup baik saat masih di sekolah, kuliah, atau pekerjaan. Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat dan tidak melebih-lebihkan diri?

Baca juga: Berikut Tips Memperkenalkan Diri Saat Interview

1. Pilih Pencapaian Terbesar Anda

Jangan berpikir bahwa Anda tidak memiliki pencapaian untuk dibagikan. Jika kesulitan memilih pencapaian terbesar sebagai jawaban, coba ingat kembali kapan pernah dipuji karena pekerjaan Anda atau cara yang pernah dilakukan dan memberi dampak pada pekerjaan sebelumnya. Selain itu, terkadang perekrut bisa saja menanyakan contoh prestasi terbesar di dalam hidup. Kamu bisa menjawabnya dengan hal-hal di luar pekerjaan, misalnya pencapaian kamu ketika berhasil mengatasi tantangan pribadi.

2. Jawaban yang Berhubungan Posisi yang Dilamar

Tips selanjutnya dalam menjawab pertanyaan “apa pencapaian terbesar dalam hidupmu?” adalah dengan mengaitkannya dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini. Misalnya jika melamar posisi pada bagian marketing, Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan berapa banyak klien yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Mungkin ada pula cerita yang membuat Anda mendapat apresiasi dari perusahaan karena bisa mendapat klien yang bergengsi.

3. Jawab Secara Profesional dan Serius

Walaupun pertanyaan ini terkesan tidak begitu formal, akan tetapi kamu tidak boleh bercanda atau main-main dalam menjawabnya. Pasalnya, pertanyaan ini bisa saja menjadi jebakan recruiter dalam melihat bagaimana cara kamu menjawab dan menilai diri kamu sendiri. Berilah jawaban yang profesional dan serius, sehingga recruiter pun percaya bahwa kamu merupakan kandidat terbaik yang bisa mereka ajak kerjasama.

Baca juga: Berikut Contoh Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

4. Sesuaikan Dengan Posisi dan Perusahaan yang Dilamar

Pikirkanlah pencapaian-pencapaian yang telah Anda lakukan, lalu baca kembali deskripsi pekerjaan, situs perusahan atau media sosial perusahaan yang dilamar agar Anda memahami posisi dan perusahaan yang dilamar dengan lebih baik. Ini penting dilakukan agar Anda bisa memilih pencapaian yang paling relevan dengan keterampilan atau nilai yang dicari dalam posisi yang kamu lamar di perusahaan tersebut.

5. Jangan Melebih-lebihkan Jawaban

Ketika menjawab pertanyaan interview “apa pencapaian terbesar dalam hidupmu?”, berilah jawaban yang jujur dan benar. Apabila Anda tidak mengatakan yang sebenarnya, nantinya akan kamu yang rugi dan merasa tidak nyaman. Pastikan bahwa jawaban sejujur mungkin, tetapi tidak akan mempengaruhi pada peluangmu mendapat kerja. Jawab secukupnya secara singkat, padat, dan jelas.

Sekian artikel tentang cara menjawab pencapaian terbesar dalam hidup. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Jenis Pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan Saat Interview


Editor: Theo Adi -

     

Komentar