icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Peluang Kerja Bagi Lulusan Ilmu Perpustakaan
Siker.id | 15 Nov 2021 20:10


Bagikan ke
Ilmu perpustakaan ternyata merupakan studi yang jarang diminati banyak orang sampai saat ini. (siker)

siker.id - Sampai saat ini ilmu perpustakaan merupakan salah satu jurusan yang kurang diminati. Hal ini disebabkan ilmu perpustakaan memiliki prospek kerja atau masa depan yang kurang menjanjikan. Padahal peluang atau prospek kerja ilmu perpustakaan ini cukup banyak. Jurusan ilmu perpustakaan ini mempelajari tentang pendidikan yang terintegrasi dengan segala sesuatu yang berurusan dengan perpustakaan. Meskipun dianggap bukan menjadi jurusan favorit, nyatanya ada banyak peluang atau prospek kerja ilmu perpustakaan yang saat ini cukup terbuka lebar antara lain berbagai profesi. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Buat Lulusan Filsafat, Berikut Prospek Kerjanya!

Staf Administrasi

Salah satu prospek kerja yang dapat ditekuni oleh lulusan ilmu perpustakaan adalah sebagai staf administrasi di perkantoran atau instansi pemerintah. Bagi Anda yang belum tahu, mahasiswa prodi perpustakaan juga akan diberikan dasar-dasar ilmu administrasi. Sebagai staf administrasi, lulusan ilmu perpustakaan bertugas untuk mengelola semua keperluan birokrasi dari badan usaha. Mereka juga terkadang ditugaskan untuk menata semua file dan arsip institusi agar bisa diakses dengan mudah.

Juru Arsip

Juru arsip merupakan salah satu prospek kerja favorit lulusan studi ilmu perpustakaan. Mengapa demikian? Sebab, profesi ini dibutuhkan hampir oleh semua jenis perusahaan dan instansi pemerintahan. Juru arsip sendiri bertugas untuk menilai, menyunting, dan mengarahkan pengamanan arsip permanen dan dokumen bernilai. Mereka juga wajib untuk ikut serta dalam kegiatan riset berdasarkan bahan arsip dan data-data sensitif milik perusahaan.

Analis Metadata

Prospek karier sebagai analis metadata juga kerap menjadi idaman alumni jurusan ilmu perpustakaan. Profesi ini tergolong cukup baru dan biasanya dapat ditemukan pada perusahaan modern yang berbasis teknologi. Analis metadata umumnya berperan untuk memimpin dan membantu upaya strategis terkait dengan proyeksi pertumbuhan data dan repositori metadata perusahaan. Maka dari itu, untuk mendapatkan pekerjaan satu ini, lulusan ilmu perpustakaan harus menguasai ilmu-ilmu pengelolaan data terlebih dahulu.

Pustakawan

Peluang kerja yang sebenarnya paling utama bagi para lulusan ilmu perpustakaan tentunya untuk menjadi seorang pustakawan yang bekerja di perpustakaan dan bertugas mengelola buku-buku di perpustakaan tersebut. Kalau Kamu suka membaca, pustakawan adalah profesi paling diimpikan, karena Kamu bisa bekerja sambil membaca koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Buat Lulusan Managemen Informasi?

Instansi Pemerintah

Lulusan ilmu perpustakaan juga bisa menjadi aparatur sipil negara atau ASN. Anda bisa menjadi pegawai negeri sipil yang bekerja di instansi pemerintah lho! Ilmu administrasi, kearsipan, membuat surat dan lain-lain tentu sangat dibutuhkan di berbagai instansi pemerintahan untuk mengelola data-data dan arsip instansi tersebut.

Dinas Pendidikan

Peluang atau prospek kerja ilmu perpustakaan tidak boleh dipandang sebelah mata sebab Anda bisa juga menjadi bagian dari Dinas Pendidikan mulai pusat hingga daerah. Soal gaji, jelas bayaran jutaan sesuai dengan kinerja yang Kamu berikan. Selain memiliki prospek gaji yang besar, dengan bergabung di Dinas Pendidikan Anda juga bisa memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan di Indonesia agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Pegawai BUMN

Menjadi pegawai BUMN akan mendapatkan kehidupan yang terjamin mulai mendapatkan gaji pokok, tunjangan, dan dana pensiun. Ada banyak perusahaan BUMN yang membutuhkan tenaga ahli dalam bidang ilmu perpustakaan untuk mengelola data-data di kantor atau instansi mereka.

Data Administrator

Data administrator adalah prospek kerja berikutnya yang menanti lulusan studi ilmu perpustakaan. Data administrator berperan untuk memastikan bahwa database perusahaan dapat bekerja secara efisien. Pekerjaan satu ini juga sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan swasta maupun negeri. Mereka yang ahli dalam pengorganisasian informasi dan memiliki pengalaman dengan database dapat menjadikan profesi data administrator sebagai pilihan utama.

Document Control Specialist

Document control specialist adalah para ahli yang bertugas untuk menyusun dan membantu publikasi internal berbagai jenis catatan dan file untuk organisasi swasta. Mereka umumnya mengelola file engineering, laporan finansial perusahaan, dan dokumen-dokumen penting lainnya. Document control specialist juga harus mendukung manajer proyek dalam mengumpulkan dan mendokumentasikan catatan untuk berbagai produk dan departemen dalam perusahaan.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan ilmu perpustakaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar