Prospek Kerja Jurusan Arkeologi
Siker.id | 09 Mar 2022 19:15


Bagikan ke
Prospek kerja jurusan arkeologi. (siker)

siker.id - Lara Croft dalam serial game dan film Lara Croft meski hanya sekadar cerita fiksi namun menghadirkan cerita bahwa menjadi seorang arkeolog itu menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Berikut ini ulasan mengenai ilmu arkeologi yang mengkaji kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau. Seperti dalam film, para arkeolog itu memang berperan dalam menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah di masa lampau. Ketika menjadi mahasiswa arkeologi maka ilmu yang akan dipelajari adalah gabungan antara ilmu sejarah dan ilmu geologi.

Ini artinya, mahasiswa jurusan Arkeologi akan banyak belajar tentang sejarah-sejarah kebudayaan dari berbagai jenis benda peninggalan masa lalu, seperti peralatan rumah tangga, patung, prasasti, serta lukisan dan pahatan yang tertinggal di berbagai tempat. Selain itu juga akan banyak menganalisis tentang peristiwa di masa lalu, seperti mempelajari artefak, mengkaji peninggalan purbakala, hingga mengira-ngira berapa usia artefak yang ada. Nah untuk mempelajari semua ini, pastinya akan menjalani banyak traveling untuk mencari tahu budaya dari masa lampau. Ini akan menjadi suatu pengalaman yang seru.

Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan arkeologi :

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Olahraga

Arkeolog

Banyak yang masih menganggap lulusan Arkeologi sulit mendapatkan pekerjaan. Ini anggapan salah sebab ada banyak peluang kerja yang bisa dicoba setelah lulus. Pertama, lulusannya bisa menjadi arkeolog atau ahli di bidang arkeologi. Profesi ini akan memberi pengalaman menarik untuk meneliti barang peninggalan sejarah, seperti artefak, fosil, bangunan, hingga teks dan dokumen kuno.

Reporter atau Jurnalis

Lulusan arkeologi juga bisa bekerja sebagai reporter atau jurnalis yang menulis tentang barang peninggalan sejarah di media terkenal, seperti National Geographic. Dengan menjadi jurnalis, kamu pun berkesempatan untuk keliling dunia untuk menemukan dan mempelajari fosil-fosil.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Bioteknologi

Pengelola Museum

Selain itu, lulusan arkeologi juga bisa bekerja sebagai manajer atau pengelola museum yang bertugas merawat benda-benda bersejarah serta mengelola museum agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Pemandu Wisata Sejarah

Ini adalah profesi yang cocok bagi yang suka traveling sebab bisa bekerja di industri pariwisata sebagai pemandu wisata khusus tempat bersejarah, seperti candi, museum, dan bangunan peninggalan sejarah lainnya. Kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah di seluruh dunia pun bisa dirasakan.

Sekian artikel tentang prospek kerja jurusan arkeologi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar