Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi
Siker.id | 01 Mar 2022 21:00


Bagikan ke
Prospek kerja ilmu komunikasi. (siker)

siker.id - Ilmu komunikasi (Ilkom) menjadi salah satu jurusan ilmu sosial yang ada di universitas. Bagi anda yang tertarik bekerja di televisi, radio, media, dan humas jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi pilihan. Secara umum ilmu komunikasi adalah proses mempelajari penyampaian pesan secara efektif dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Penyampaian pesan ini bisa dilakukan menggunakan berbagai media.

Lulusan Ilmu Komunikasi mengajarkan berbagai analisis dan berpikir kreatif. Mahasiswa juga belajar merencanakan, mengatur, serta melaksanakan proyek dan program. Jurusan kuliah sosial ini mengajarkan peminatan yang bisa dipilih mahasiswa. Peminatan ini dapat meningkatkan kemampuan untuk peluang bekerja di bidang media, industri, dan teknologi.

Berikut ini beberapa prospek kerja ilmu komunikasi :

Baca juga: Yuk, Simak ! Prospek Kerja Teknik Nuklir

Humas dan Public Relations (PR)

Lulusan ilmu komunikasi memiliki kemampuan untuk berpikir strategis. Humas memiliki posisi bagaimana mempengaruhi persepsi publik melalui media. Profesional PR membuat siaran pers, mengatur konferensi pers, dan bekerjasama dengan media untuk pemberitaan. Humas dan PR dibutuhkan di bagian pemasaran (marketing), biro iklan, lembaga pemerintah, perusahaan, dan organisasi nirlaba.

Perencanaan Acara (Event Planner)

Pekerjaan ini membutuhkan kelompok untuk mempromosikan dan membuat tema menarik. Tujuannya membuat suatu acara sukses dan menarik banyak orang. Jurusan Ilkom bisa memberikan kontribusi dalam kelompok untuk mengemas acara menjadi menarik. Selain itu, lulusan ini memiliki keterampilan, pertimbangan, dan proses untuk membuat acara bisa sukses. Kemampuan lain yang dibutuhkan adalah keterampilan menulis, menyusun siaran persm dan membuat konten menarik.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Terbaru

Alumni Perguruan Tinggi dan Petugas Pengembangan

Petugas alumni bekerja mengevaluasi kebutuhan berbagai kelompok alumni, misalnya mempersiapkan reuni, jaringan alumni, dan acara sosial. Pekerjaan ini menjaga alumni dan merencanakan prospek kerja supaya alumni mudah mendapatkan pekerjaan. Sedangkan tugas pengembangan mempelajari pendonor kampus dan merencanakan promosi untuk perguruan tinggi pada calon mahasiswa. Pekerjaan ini biasanya ada di kantor perguruan tinggi. Lulusan ilmu komunikasi ini bisa bekerja untuk berinteraksi dengan alumni, orang tua, dan pendonor kampus. Kemampuan lain yang dibutuhkan awalah public speaking (berbicara di depan umum) dan membuat surat atau menulis.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan ilmu komunikasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Prospek Kerja Lulusan Radiologi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar