Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Agar Bisa Dekat Dengan Atasan?
Siker.id | 21 Dec 2021 11:45


Bagikan ke
Tips agar bisa dekat dengan atasan dan disukai atasan. (siker)

siker.id - Biasanya bos akan menyukai seseorang yang bekerja dengan bagus. Tapi kadang bekerja keras saja belum cukup untuk menarik perhatian atasan. Menurut para pakar, kamu juga harus tahu cara mengambil hati bos dengan trik-trik khusus. Bukan untuk menjilatnya sehingga menaikkan karier kamu, cara-cara ini juga bisa diterapkan untuk memperkuatkan hubungan dan kerja sama tim. Berikut ini tips agar bisa dekat dengan atasan tanpa memberi kesan menjilat!

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Atasan Yang Otoriter?

1. Sesuaikan Gaya Komunikasi

Sekali lagi, sebagian dari pekerjaan Anda adalah mempermudah pekerjaan atasan Anda. Anda dapat mengetahui lebih awal tentang bagaimana manajer Anda lebih suka berkomunikasi. Apakah bisa e-mail? Atau secara tatap muka?

2. Meminta Nasihat

Anda mungkin khawatir menanyakan apa pun kepada bos Anda. Meminta nasihat tidak membuat Anda terlihat bodoh. Hal itu dapat membuat Anda tampak lebih kompeten, yakni bagaimana Anda ingin atasan Anda melihat Anda. Lebih baik meminta saran mereka daripada pendapat mereka. Meminta saran menciptakan kemitraan antara Anda dan atasan Anda dan mendorong mereka untuk lebih mendukung ide Anda. Di sisi lain, ketika Anda meminta pendapat mereka, mereka mengambil langkah mundur dan menjadi lebih dari evaluator objektif.

Baca juga: Berikut 5 Etika Berbicara Dengan Atasan

3. Memuji Dalam Bentuk Meminta Panduan

Daripada langsung memberi kalimat manis, coba sembunyikan pujian Anda dalam bentuk meminta nasihat atau tips, misalnya saat atasan baru saja menyelesaikan sebuah proyek besar dengan sukses. Selain berfungsi sebagai pujian terselubung, Anda akan tampak sebagai pegawai yang mau belajar dan menjadikan beliau sebagai panutan.

4. Pilih Waktu dan Kosa Kata Dengan Baik

Daripada hanya memuji setiap saat seakan sudah otomatis terprogram, lontarkan pujian strategis sesuai waktunya. Jika situasi memungkinkan dan memang pantas, berikan pujian yang sesuai dengan kondisi. Dengan memilih saat-saat tepat maka Anda tidak akan membuat atasan Anda merasa tinggi dan bisa terus memotivasi Anda dengan baik.

5. Bilang Terima Kasih

Penting untuk menunjukkan rasa terima kasih pada bos meskipun hal tersebut merupakan kritikan. Dengan begitu, bos akan mengetahui bahwa Anda memang mendengarkan dan menghargai hal-hal yang dilakukannya untuk kebaikan bersama.

Sekian artikel tentang tips tetap dekat dengan atasan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Efektif Dengan Atasan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar