Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips dan Trik mengikuti Magang
Siker.id | 19 Feb 2024 13:37


Bagikan ke
Ilustrasi magang(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Selama kuliah, kamu mungkin akan sering mendengar kakak senior atau dosen yang menyarankan magang jika kamu sudah berada di tingkat akhir. Konon katanya, magang bisa memudahkanmu untuk melamar kerja setelah lulus nantinya.

Tapi, sebelum kamu memulai pencarian lowongan magang untuk mahasiswa, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu tentang konsep magang secara keseluruhan. Dengan begini, kamu bisa mengambil keputusan yang lebih tepat terkait praktik ini. Pengertian internship atau magang adalah suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Perusahaan yang menerima karyawan magang berhak memberi tugas dan wajib memberi bimbingan selama program. Di akhir program, peserta magang akan mendapat penilaian dari pihak perusahaan, terutama dari atasannya langsung. Berikut tips dan trik mengikuti magang:

Baca juga : 8 Strategi Sukses untuk Karier Remote

1. Berpelajarlah dengan Giat

Manfaatkan kesempatan magang untuk belajar sebanyak mungkin. Jadilah proaktif dalam mencari tahu tentang industri, perusahaan, dan pekerjaan yang Anda lakukan.

2. Buat Tujuan yang Jelas

Tentukan apa yang ingin Anda capai selama magang tersebut. Buatlah tujuan yang spesifik dan dapat diukur untuk membantu Anda tetap fokus dan termotivasi.

3. Jalin Hubungan

Berinteraksilah dengan rekan kerja dan atasan Anda. Jalinlah hubungan baik dengan sesama magang dan karyawan lainnya. Networking dapat membantu Anda dalam jangka panjang, baik itu dalam mendapatkan pekerjaan atau memperluas jaringan profesional.

4. Ajukan Pertanyaan

Jangan ragu untuk bertanya tentang segala hal yang tidak Anda pahami. Magang adalah kesempatan untuk belajar, dan orang-orang di sekitar Anda biasanya akan senang membantu.

5. Ambil Inisiatif

Selalu cari cara untuk membantu dan menawarkan bantuan kepada rekan kerja Anda. Ambil inisiatif dalam menyelesaikan tugas dan mencari proyek-proyek tambahan yang dapat Anda kerjakan.

Baca juga : 5 Alasan Dibalik Penolakan Kerja. Berikut Penjelasannya!

6. Perhatikan Etika Kerja

Tiba tepat waktu, berpakaian sesuai kode busana perusahaan, dan tunjukkan sikap profesional dalam segala hal yang Anda lakukan.

7. Terima Umpan Balik dengan Baik

Jangan takut menerima kritik atau umpan balik dari atasan atau rekan kerja Anda. Gunakan umpan balik tersebut sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

8. Catat Pengalaman dan Prestasi Anda

Selama magang, catatlah semua proyek yang Anda kerjakan dan pencapaian yang Anda raih. Hal ini dapat membantu Anda dalam memperbarui CV Anda dan mengingat pencapaian Anda di masa mendatang.

9. Jaga Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk terus bekerja keras, pastikan Anda tetap menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Ini penting untuk mencegah kelelahan dan menjaga kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

10. Buat Hubungan yang Baik dengan Mentor Anda

Jika Anda memiliki mentor selama magang, manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dari pengalaman dan pengetahuan mereka. Buatlah pertemuan reguler untuk membahas perkembangan Anda dan mintalah saran mereka tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan kinerja Anda.

Dengan menerapkan tips dan trik ini, Anda akan dapat memaksimalkan pengalaman magang Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses di tempat kerja.

Baca juga : Ini Dia. 10 Peluang Karier yang Menarik di Indonesia


Editor: Safira -

     

Komentar