Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk Resign
Siker.id | 06 Nov 2023 10:30


Bagikan ke
Ilustrasi resign (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Individu yang mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja disebut juga dengan resign. Resign merupakan hal yang wajar dan berlaku bagi semua pekerja bukan hanya fresh graduate. Namun, bagi fresh graduate keinginan untuk resign sangat rawan muncul karena adanya tantangan dan adaptasi ke lingkungan baru di pekerjaan yang berbeda dengan lingkungan kampus. Sebelum memutuskan untuk resign, kamu harus mempertimbangkan hal-hal dibawah ini:

Baca juga: Kerja di Perusahaan Kecil? Jangan Gengsi! Ini Manfaatnya

1. Mencari tau penyebabnya

Stres seringkali menjadi alasan individu untuk resign dari pekerjaannya. Biasanya stress ini muncul dari rekan kerja yang nggak kooperatif, bidang kerja yang tidak sesuai dengan skill yang dimiliki, tekanan dari atasan, beban kerja yang banyak atau gaji yang tidak sesuai. Sebelum memutuskan untuk resign, pertimbangkan apa yang menjadi sumber stress, apakah masih bisa diatasi atau masih mungkinkah untuk bertahan lebih kama.

2. Cari tau passion di pekerjaan

Individu yang bekerja sesuai minat dan passionnya, cenderung lebih bahagia dan bisa menikmati pekerjaannya. Sebaliknya, jika individu bekerja tidak sesuai dengan passion dan minat yang dimiliki, ia akan cenderung merasa sulit dan terbebani. Hal ini sering menjadi alasan karyawan untuk resign. Sebelum memutuskan untuk resign, pertimbangkan apakah kamu sudah siap dan bersedia untuk meninggalkan pekerjaanmu saat ini dan cari tau passion atau bidang yang kamu minati agar kamu tidak kehilangan arah saat sudah resign.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Perpanjang Periode Magang

3. Pahami persoalan rekan kerja

Dalam dunia kerja kita akan menemukan berbagai tipe rekan kerja. Ada yang kooperatif namun ada juga yang sulit dihadapi. Jika kamu bertemu rekan kerja yang sulit dihadapi dan memutuskan untuk resign, coba pertimbangkan lagi dan atur strategi dalam menghadapi mereka. Kamu juga bisa mengambil langkah bodo amat dan tidak terlalu ambil pusing dengan sikap mereka.

4. Pertimbangkan jobdesc/beban kerja

Tugas dan tanggungjawab yang didapat dalam pekerjaan biasanya akan ada perbedaan seiring berjalannya waktu. Kamu mungkin akan mendapatkan jobdesc yang tidak sesuai dan membuatmu tidak betah karena berbeda dengan latar belakang yang kamu miliki. Sebelum memutuskan resign, kamu bisa menjalani jobdescmu sebaik mungkin selagi mempelajari skill baru dibidang tersebut.

4 Hal diatas harus menjadi pertimbangan seseorang sebelum memutuskan untuk resign. Perlu diingat juga bahwa setiap pekerjaan pasti memiliki tantangannya sendiri dan tugas kita adalah bisa beradaptasi dengan sebaik-baiknya. Resign memang bukan hal yang salah, namun sebelum itu kamu harus mempertimbangkan banyak hal dan pastikan alasanmu valid dan rasional sebelum akhirnya memtuskan untuk resign. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Tidak Menunda Pekerjaan


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar