icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
Siker.id | 29 Nov 2021 16:15


Bagikan ke

siker.id - Nervous merupakan musuh utama bagi setiap manusia ketika sedang berbicara di depan umum. Saat kita hendak berbicara di depan umum seringkali kita merasakan grogi sehingga membuat kita tidak nyaman dan terganggu konsentrasinya. Hal tersebut tentu memacu performa kita ketika berada di hadapan publik. Orang tentu akan dapat menilai cara kita berbicara di depan umum. Dengan demikian, seringkali kita merasa tidak percaya diri karena public speaking kita berada dalam nilai yang tidak memuaskan dihadapan publik.

Sebagai seseorang yang hidup dalam sosial, tentu seringkali secara mendadak kita dimintai oleh orang-orang sekitar untuk berbicara dihadapan publik. Entah memberikan sambutan acara atau hanya sekadar cuap-cuap untuk mengisi kekosongan acara. Dengan demikian kita terkadang kurang akan persiapan sehingga mau tidak mau kita harus berusaha untuk berbicara dengan baik agar tidak mengecewakan publik. Selain itu, bagi orang-orang yang bekerja sebagai MC ataupun hal-hal lain yang berbau public speaker tentu terkadang tidak terlepas dari rasa nervous atau grogi. Sehingga ketika mereka hendak naik ke atas panggung pikiran akan seketika kosong dan lupa tentang materi yang ingin disampaikan.

Baca juga: Ini Yang Perlu Anda Tahu Tentang Surat Peringatan

Oleh karena itu, sebagai seseorang yang tidak jauh dari dunia public speaking kita harus menguasai beberapa hal agar dapat mengatas rasa grogi ketika berada di atas panggung. Berikut ada beberapa cara agar kamu dapat mengatasi rasa grogi tersebut.

1. Jaga Kontak Mata

Hal terpenting saat menyampaikan materi atau berbicara di depan umum adalah kontak mata. Jagalah agar kontak mata terus menatap lawan bicara Anda. Hal ini dapat membuat lawan bicara seolah-olah merasakan kontak langsung dengan Anda. Jangan terlalu sering menunduk atau terpaku dengan membaca teks karena hal ini justru dapat meningkatkan rasa gugup yang ada. Melihat ke arah lain yang bukan lawan bicara juga biasanya akan membuat Anda cenderung lupa kalimat.

2 Jauhi Pikiran Negatif

Kerapkali ketika kita sedang diajak untuk berbicara di depan umum pikiran-pikiran negatif langsung berdatangan kepada otak kita. Sehingga dengan masuknya energi negatif tersebut maka otomatis akan membawa tubuh kita kepada hal yang negatif. Apabila hal tersebut sudah terjadi maka sudah dipastikan kita akan merasa grogi ketika berbicara di depan panggung. Badan seringkali merasa gemetar dan bahkan tidak jarang ada yang keluar keringat dingin.

Untuk itu, buanglah pikiran-pikiran negatif yang ada di kepala kamu sebelum memulai berbicara. Pikiran-pikiran seperti, “Apakah aku akan tampil baik dihadapan umum?” atau “Apakah orang-orang akan menyukai penampilanku?” tentu harus dibuang sejauh mungkin. Karena dengan pemikkiran tersebut maka akan mengganggu konsentrasi kamu ketika berbicara. Pikirkanlah hal-hal yang positif dan mulai berbicara dengan intensif.

3. Jaga Penampilan

Tak hanya penting dalam menguasai materi, penampilan juga menjadi poin penting yang berperan dalam menghilangkan rasa gugup di depan orang banyak. Pastikan rambut dan riasan Anda telah rapi. Cek apakah ada sisa makanan pada gigi anda. Gunakan pakaian yang pantas dan tidak berlebihan. Penampilan yang terjaga akan mengurangi rasa insecure Anda lho.

Baca juga: Apa Yang Dicari Perusahaan Saat Merekrut Karyawan?

4. Temukan Ketenangan Diri

Hal yang paling penting ketika berada di atas panggung adalah menemukan ketenangan diri. Kerapkali gerak tubuh kita mengganggu orang yang mendengarkan karena kita merasa tidak nyaman di atas panggung. Untuk itu, temukan ketenangan diri kamu ketika berada di atas panggung. Apakah dengan memasukkan tangan ke saku celana dapat membuat kamu tenang? Atau dengan menggerakan tangan ketika berbicara dapat membuat kamu tenang? Setiap orang memiliki karakternya masing-masing dan kamu harus mengetahui dirimu dengan baik.

5. Fokus Pada Diri Sendiri

Setelah semua sudah siap dengan matang, maka kamu harus fokus kepada diri sendiri. Sesekali melihat audiens perlu namun kamu tetap harus fokus pada diri sendiri, terhadap apa yang sedang kamu bicarakan sehingga tidak terlihat kacau. Itulah 5 cara bagaimana mengatasi grogi ketika berbicara di depan umum. Tentu tidak sulit untuk berbicara dengan baik, namun kamu harus berlatih secara terus-menerus agar dapat memperbaiki penampilanmu di depan umum.

Baca juga: Berikut Tips Memilih Pakaian Saat Kerja


Editor: Bagus -

     

Komentar