Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Waspadai 3 Faktor Penyebab Stres di Tempat Kerja
Siker.id | 15 Mar 2023 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi Stres (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Stres merupakan reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Stres menjadi bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita. Stres juga menjadi salah satu gangguan yang seringkali dialami oleh para pekerja. Terdapat beberapa penyebab stress yang dialami pekerja seperti:

Baca juga: 5 Tips Menyikapi Konflik di Kantor

1. Faktor lingkungan

Tidak jarang faktor lingkungan menjadi penyebab seseorang mengalami stres. Misalnya diskriminasi dalam lingkungan kerja atau kemajuan teknologi. Beberapa perusahaan saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi atau mesin untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. Hal ini dapat membuat para pekerja stres karena harus menyesuaikan diri dengan sistem baru perusahaan.

2. Faktor organisasi

Faktor di dalam organisasi, kelompok, atau perusahaan dapat memicu stress seperti beban kerja yang tinggi yang membuat pekerja menjadi kewalahan dan mengharuskan lembur. Konflik dengan rekan kerja juga dapat menjadi pemicu stress jika adanya perbedaan pendapat atau ketidakcocokan dengan rekan kerja yang lain. Kurangnya ilmu, kemampuan, atau kompetensi di bidang pekerjaan juga dapat memicu stress. Biasanya pekerja yang seperti ini sering mendapat revisi atau teguran dari atasan atas hasil kerjanya yang kurang memuaskan sebab minimnya kemampuan. Beberapa pekerja bahkan merasa kehilangan minat atau jenuh terhadap pekerjaannya dan tak jarang tidak lagi memiliki hasrat untuk menyelesaikan membuat pekerja merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya dan menjadi kurang nyaman di tempat kerja.

3. Faktor individu

Faktor penyebab stres yang terakhir yaitu personal atau individu seperti kehidupan pribadi, persoalan keluarga, masalah ekonomi, dan karakteristik pribadi. Walaupun bukan masalah pekerjaan masalah pribadi dapat memecah fokus dan mengurangi produktivitas dalam bekerja. Seseorang juga bisa mengalami stress karena dirinya sendiri seperti kesulitan beradaptasi, kinerja rendah dan hasil kerja tidak dapat memuaskan.

Baca juga: 8 Cara Bersikap Profesional Saat Menerima Kritikan

Untuk menghadapi beberapa sumber penyebab stress seperti diatas, sebagai pekerja harus mampu mengubah pandangan kearah yang lebih positif. Belajarlah untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. Kembangkan soft skill yang dibutuhkan dalam berkarir sehingga bisa bekerja dengan baik. Pekerja juga harus bisa memanajemen waktu dan membuat prioritas pekerjaan. Selesaikan suatu permasalahan dengan kepala dingin. Bicarakan baik-baik hingga menemukan jalan keluar yang tepat. Hindari membawa sentimen pribadi kamu dalam pekerjaan. Perbanyak ilmu dan tingkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan, seminar, atau kegiatan yang bisa mengembangkan kompetensi. Itu dia 3 faktor penyebab stress yang umum terjadi di dunia kerja dan bagaimana cara menghadapinya. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Kuasai Metode STAR untuk Wawancara Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar