Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Mengatasi Stres Selama Pandemi
Siker.id | 20 Jan 2022 14:30


Bagikan ke
Tips mengatasi stres selama pandemi. (siker)

siker.id - Menghadapi pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir berdampak besar pada kehidupan banyak orang. Kondisi ini berpotensi membuat banyak orang merasa bosan, terisolasi dan kesepian, serta bisa meningkatkan stres dan kecemasan karena kehilangan kebebasan yang sebelumnya bisa didapatkan. Apakah Anda satu di antaranya yang mengalami hal itu? Perlu ditekankan, kondisi tersebut sangat manusiawi. Itu emosi yang wajar dirasakan oleh semua orang di masa pandemi COVID-19. Hanya, jangan sampai kondisi tersebut kegiatan Anda. Perlu diketahui pula, jika Anda mengalami stres justru akan membuat sistem imunitas tubuh lemah dan lebih rentan terifeksi virus corona penyebab COVID-19. Berikut tips mengatasi stres selama pandemic!

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Rendah

Makan, Tidur, dan Olahraga seperti Biasa

Tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, dan makan makanan yang sehat dapat membantu kita mengatasi stress saat pandemi, mengurangi kecemasan, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mungkin Anda merasa aktivitas keseharian saat berolahraga terganggu, jadi enggan untuk bergerak. Namun, menyempatkan waktu sedikit seperti 15 menit setiap hari sangat baik untuk membantu meredakan ketegangan dan menenangkan pikiran.

Menarik Napas yang Dalam

Orang yang tertekan cenderung mengambil napas yang cepat dan dangkal, yang semakin memperburuk respons tubuh. Anda bisa memutus siklus tersebut dengan upaya bernapas secara perlahan dan dalam, sebanyak lima hingga enam napas dalam satu menit. Anda bisa melakukannya selama seperempat jam atau lebih sehari. Cara mengatasi stress satu ini juga cocok untuk mengatur mood dan perasaan cemas.

Fokus pada Jangka Pendek

Mungkin saat ini banyak dari kita yang bertanya-tanya kapan pandemi ini akan selesai? Menurut jurnal Personality and Individual Differences, berpikir jangka pendek justru merupakan cara yang lebih efektif untuk menangani stress. Memetakan dan mengikuti rencana untuk minggu ini atau hari berikutnya juga dapat membantu, memberi kita rasa kontrol yang lebih baik. Anda membuat jadwal harian kegiatan sederhana untuk dilakukan, seperti menelepon teman, mencoba resep baru, atau berkebun.

Baca juga: Berikut Profesi Dengan Tingkat Stres Tinggi

Mengambil kendali

Menurut Dr. Albers, manusia pada dasarnya suka ketika mereka memiliki kontrol atas sesuatu. Anda memang tidak memiliki tongkat ajaib untuk bisa melenyapkan virus corona dalam sekejap, tapi Anda bisa fokus pada hal-hal di mana Anda bisa memiliki kendali atas hal tersebut. Tak perlu muluk-muluk, bahkan hal itu bisa merupakan kegiatan sederhana, seperti pada jam berapa Anda pergi tidur setiap malam.

Tetap melangkah ke depan

Pikiran-pikiran burukmu membuatmu seperti terus berada di pola yang sama. Anda mungkin tidak bisa lagi traveling atau berpesta di luar, namun Anda bisa menikmati aktivitas lain seperti berkebun, memelihara binatang, atau memulai tradisi piknik bersama keluarga. Lanjutkan hidup dan terus tumbuh. Manfaatkan waktu-waktu ini untuk menikmati harimu.

Sekian artikel tentang tips mengatasi stress selama pandemi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar