Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan
Siker.id | 25 Nov 2021 21:00


Bagikan ke
Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kinerja karyawan. (siker)

siker.id - Pernahkah Anda merasa mengapa bisnis yang dijalankan seakan jalan ditempat? meskipun sudah melakukan banyak usaha. Mungkin Anda merasa putus asa dan kebingungan mencari tahu alasan hal ini dapat terjadi. Memang dalam proses bisnis banyak faktor yang harus diperhatikan, dan salah satunya adalah kinerja karyawan. Sering sekali ditemukan banyak kasus dimana karyawan dituntut untuk bisa maksimal saat bekerja, namun perusahaan tidak mendukung atau memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi kinerja pekerja mereka. Berikut sembilan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan:

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

1. Sarpras tempat kerja

Agar karyawan melakukan pekerjaannya secara produktif, tentu Anda harus memperhatikan sarana prasarana apa saja yang dibutuhkan. Tersedianya sarana prasarana yang memadai di tempat kerja tentu mempengaruhi kinerja karyawan. Salah satu contoh kebutuhan yang umum ditemui seperti customer service melayani pelanggan dengan cepat, tetapi koneksi internet lambat dan spesifikasi komputer yang rendah sehingga pelayanan terhadap pelanggan terganggu.

2. Lingkungan kerja

Perusahaan harus memastikan memiliki lingkungan kerja yang sehat untuk semua karyawannya. Salah satunya memiliki ruangan kantor yang memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Bila perlu untuk setiap ruangan sudah menggunakan pendingin udara agar para karyawan merasa nyaman. Ada beberapa hal disekitar lingkungan yang menjadi perhatian oleh para karyawan seperti toilet yang bersih dan nyaman, tempat istirahat yang layak, tempat ibadah yang bersih, pantry yang lengkap, dan lainnya.

3. Pemimpin Perusahaan

Faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah pemimpin dari perusahaan tempat bekerja. Pemimpin memiliki peranan penting di dalam sebuah perusahaan atau organisasi yakni untuk memberikan motivasi dan arahan bagi seluruh karyawan agar mereka dapat memberikan hasil yang terbaik dalam memajukan perusahaan.

4. Jenjang Karir

Jenjang karir merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Dengan adanya jenjang karir yang pasti, karyawan akan merasa aman dan nyaman dalam bekerja di sebuah perusahaan karena mereka dapat memiliki tambahan penghasilan dan juga pengalaman kerja yang baik.

Baca juga: Apa Saja Ciri Karyawan Yang Tidak Disukai Atasan?

5. Kepribadian

Kepribadian atau karakter yang dimiliki karyawan berpengaruh terhadap kinerjanya. Karyawan yang memiliki kepribadian yang baik maka dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Misalnya, karyawan yang memiliki karakter ulet dan bertanggung jawab akan melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sehingga hasil kinerjanya lebih baik.

6. Motivasi Kerja

Motivasi kerja adalah dorongan bagi karyawan untuk melakukan pekerjaannya. Biasanya motivasi kerja dipengaruhi oleh banyak komponen lain seperti gaji, tunjangan kesehatan, keselamatan kerja, kebijakan pimpinan, dan beberapa faktor lainnya. Jika karyawan memiliki dorongan yang kuat, maka karyawan akan termotivasi untuk melakukan pekerjaannya dengan baik.

7. Budaya Organisasi

Budaya organisasi merupakan kebiasaan atau norma-norma yang berlaku dalam suatu organisasi atau perusahaan. Biasanya kebiasaan atau norma-norma ini mengatur hal-hal yang berlaku dan dapat diterima secara umum serta harus dipatuhi oleh seluruh anggota perusahaan atau organisasi.

8. Cara Komunikasi

Menjadi unsur penting dalam dunia kerja bukan saja memperlancar penyampaian pesan, namun juga memengaruhi motivasi kerja, dan menjauhkan konflik yang mungkin terjadi dalam sebuah perusahaan. Komunikasi karyawan juga menjadi kunci suksesnya perusahaan agar dapat menghasilkan produk yang baik.

9. Bonus dan Insentif

Tidak bisa dipungkiri kalau faktor penting dalam usaha untuk meningkatkan moitvasi dan kinerja karyawan itu juga ada dalam upah. Karena selain menerima gaji pokok dan tunjangan tetap, memberikan benefit kepada karyawan seperti bonus dan insentif juga memacu kinerja karyawan.

Sekian artikel tentang factor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kualitas Karyawan? Lakukan Cara Ini!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar