icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Meningkatkan Kualitas Karyawan? Lakukan Cara Ini!
Siker.id | 06 Nov 2021 11:00


Bagikan ke
Pekerja di Indonesia perlu banyak pengembangan diri untuk meningkatkan kualitasnya. (siker)

siker.id - Pada era globalisasi dan perdagangan bebas, persaingan tenaga kerja semakin ketat. Bahkan sampai-sampai di Indonesia saja tenaga kerja kita bisa kalah bersaing dengan tenaga kerja luar yang masuk kedalam negeri. Sebabnya banyak, mulai dari pendidikan dan pelatihan yang kurang baik, tidak tersedianya lapangan kerja yang cukup, dan belum meratanya pembangunan. Semua itulah yang menjadi faktor hambatan kualitas tenaga kerja Indonesia. Namun sebenarnya ada hal positifnya, karena tenaga kerja lokal kita bisa mencuri sebagian keterampilan dan keahlian dari para pekerja luar, yang penting harus mempunyai daya saing tinggi agar tidak terjadi yang sebaliknya. Lalu bagaimana caranya meningkatkan kualitas karyawan terutama di perusahaan-perusahaan?

Baca juga: Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!

1. Sesuaikan Pekerjaaan dengan Kemampuan serta Minat Karyawan

Produktivitas karyawan ditentukan dari pekerjaan yang dilakukan. Karyawan akan sulit bekerja secara produktif ketika mereka diminta mengerjaan tugas tidak sesuai dengan kemampuan dan ketertarikannya. Misalnya, karyawan yang memiliki karakter ekstrovert, kreatif dan punya pikiran out of the box mungkin dapat melakukan pitching dengan sangat baik kepada klien. Akan tetapi, mungkin mereka akan kesulitan jika diberi tugas yang berorientasi pada detail atau yang berdasarkan pada peraturan.

2. Menyediakan Lingkungan Kerja yang Baik

Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan adalah lingkungan kerja. Dengan lingkungan kerja yang baik akan berdampak dalam peningkatan produktivitas para karyawan dalam perusahaan. Lingkungan kerja yang dimaksud disini yaitu berupa fasilitas kerja, suasana kerja, interaksi dengan sesama karyawan, keamanan dan keselamatan kerja.

3. Dari Segi Pemerintah, Menyiapkan Angkatan Kerja Sejak Dini

Banyak upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk menaikkan mutu tenaga kerja di Indonesia, antara lain dengan mendirikan pusat latihan kerja. Hal ini dilakukan untuk menciptakan tenaga kerja uang terampil inisiatif dan kreatif. Selain itu dalam peningkatan kualitas pendidikan untuk menghasilkan tenaga kerja berkualitas, pemerintah dapat melakukan hal-hal berikut:

• Peningkatan kualitas guru/pengajar dengan sertifikasi, pelatihan, dan alokasi tunjangan;

• Peningkatan materi pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang lebih baik;

• Pemanfaatan media belajar yang lebih inovatif agar penyampaian materi lebih mudah dimengerti dan di pahami.

Baca juga: Tips Bertahan Dari Tekanan Pekerjaan

4. Mengadakan Training

Banyak perusahaan yang enggan mengadakan training dengan alasan biaya maupun waktu. Padahal dengan training yang tepat sangat penting bagi produktivitas karyawan. Jika yang dipermasalahkan adalah biaya terbatas, maka solusinya bisa dengan memberikan pelatihan melalui seminar internal dengan meminta salah satu karyawan dengan skill yang hebat untuk melatih karyawan lainnya. Bisa juga dengan mengadakan cross-training yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya sama sekali. Hal ini dilakukan dengan mengizinkan karyawan untuk bertukar kemampuan atau mengajari satu sama lain.

5. Mengasah Kreativitas Karyawan

Kreativitas berkaitan erat dengan produktivitas. Opini karyawan sangat berguna bagi peningkatan kualitas produk atau jasa. Membatasi ruang gerak karyawan hanya akan membunuh kreativitas mereka. Ada baiknya perusahaan bisa meningkatkan kreativitas karyawan dengan membiarkan mereka berkreasi, mengikuti berbagai acara dan seminar dan sebagainya.

6. Buat Acara Kebersamaan

Produktivitas karyawan juga dipengaruhi oleh bagaimana mereka membangun relasi dan berinteraksi. Karyawan bisa membangun relasi dengan mengikuti acara-acara yang diadakan oleh perusahaan. Buatlah acara yang menyenangkan dan memiliki nilai kebersamaan. Acara dapat berupa makan bersama, pergi ke tempat wisata maupun outbond. Acara ini tidak perlu anggaran yang besar dan dapat diadakan di hari libur atau akhir pekan.

7. Mengizinkan Karyawan Bekerja Secara Remote

Sebuah hasil survey dari Global Workplace Analytic menunjukan bahwa bekerja dengan cara remote worker telah meningkatkan produktivitas karyawan menjadi 103 persen selama satu dekade terakhir. Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa dengan mengizinkan karyawan bekerja secara remote bisa menekan angka cuti karena sakit. Bahkan, karyawan dianggap menjadi lebih inisiatif, dan bisa menekan biaya perusahaan. Cara lain adalah memberikan cuti tambahan kepada karyawan.

Sekian artikel tentang cara meningkatkan kualitas karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Sebelum Kerja, Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja!


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar