icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini
Siker.id | 11 Nov 2021 16:40


Bagikan ke

siker.id - Tidak ada yang lebih penting bagi bisnis kecil selain karyawannya. Jika karyawan Anda senang, produktivitas mereka akan meningkat, dan itulah yang Anda butuhkan untuk membantu bisnis Anda berkembang. Membuat perubahan kecil pada kebiasaan akan meningkatkan secara drastis tingkat produktivitas dan efisiensi kantor dalam bisnis Anda.

Ini akan memungkinkan Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan berkualitas dalam waktu yang lebih singkat serta mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk tugas yang tidak perlu. Berikut adalah delapan tip teratas tentang cara mendapatkan hasil maksimal dari karyawan Anda dan memastikan bahwa produktivitas mereka dijaga agar tetap maksimal

Tak hanya itu, produktivitas karyawan juga akan sangat memengaruhi perkembangan perusahaan itu sendiri, karena sebuah perusahaan akan lebih berkembang bila memiliki karyawan yang profesional, terampil dan memiliki etos kerja yang tinggi. Lalu, bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan? Simak selengkapnya di sini.

Baca juga: Apa Saja Dampak Buruk Bekerja Berlebihan?

1. Evaluasi rutin

Salah satu Cara Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja atau Karyawan yaitu dengan melakukan evaluasi secara rutin. Evaluasi yang diberikan lebih dalam hal pemahaman bersama di titik mana karyawan berada pada target. Melaksanakan evaluasi antara Anda dan karyawan yang bersangkutan akan membantu memberikan pemahaman yang sekiranya belum memenuhi target.

Ketika ada bagian yang kurang maka Anda dan karyawan dapat mencari solusi secara kolektif sehingga dapat diperbaiki bersama-sama. Melakukan evaluasi pun harus bersifat objektif dimana perusahaan melihat berdasarkan kinerja karyawan. Dengan begitu, dari pihak HR atau pemilik perusahaan dan karyawan akan lebih bisa memahami bagian mana yang perlu ditingkatkan agar dapat mencapai tujuan dan target perusahaan.

2. Menyediakan lingkungan kerja yang baik

Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan adalah lingkungan kerja. Dengan memberikan lingkungan kerja yang baik akan berdampak dalam peningkatan produktivitas para karyawan dalam perusahaan.

Lingkungan kerja yang dimaksud disini yaitu berupa fasilitas kerja, suasana kerja, interaksi dengan sesama karyawan, keamanan dan keselamatan kerja. Dengan begitu karyawan akan selalu merasa nyaman dan optimis dalam bekerja.

3. Mengadakan training

Banyak perusahaan yang enggan mengadakan training dengan alasan biaya maupun waktu. Padahal dengan mengadakan training atau pelatihan yang tepat sangat penting bagi produktivitas karyawan.

Jika yang dipermasalahkan adalah biaya terbatas, maka solusinya bisa dengan memberikan pelatihan melalui seminar internal dengan meminta salah satu karyawan dengan skill yang hebat untuk melatih karyawan lainnya. Bisa juga dengan mengadakan cross-training yang mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya sama sekali.

Hal ini dilakukan dengan mengizinkan karyawan untuk bertukar kemampuan atau mengajari satu sama lain. Pelatihan ini dapat membuat setiap karyawan menjadi lebih diandalkan. Sebagai contoh, ketika staf keuangan sedang cuti, maka karyawan lain yang sudah mendapatkan cross-training bisa menggantikan pekerjaannya untuk sementara waktu.

4. Mengasah kreativitas karyawan untuk berinovasi

Kreativitas berkaitan erat dengan produktivitas. Apalagi di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang produksi, inovasi produk merupakan hal utama yang dilakukan untuk dapat bersaing dalam industri yang dibidangi.

Opini karyawan sangat berguna bagi peningkatan kualitas produk atau jasa, membatasi ruang gerak karyawan hanya akan membunuh kreativitas mereka. Ada baiknya perusahaan bisa meningkatkan kreativitas karyawan dengan membiarkan mereka berkreasi, mengikuti berbagai acara dan seminar dan sebagainya.

5. Buat acara kebersamaan

Produktivitas karyawan juga dipengaruhi oleh bagaimana mereka membangun relasi dan berinteraksi. Karyawan bisa membangun relasi dengan mengikuti acara-acara yang diadakan oleh perusahaan. Dengan ini, perusahaan dapat menyampaikan visi dan misinya serta mendengarkan opini dan saran dari karyawan.

Buatlah acara yang menyenangkan dan memiliki nilai kebersamaan. Acara dapat berupa makan bersama, pergi ke tempat wisata maupun outbond. Acara ini tidak perlu anggaran yang besar dan dapat diadakan di hari libur atau akhir pekan.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?

Sebagai hasilnya, hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antara perusahaan dan karyawannya akan semakin lekat sehingga menunjang produktivitas karyawan.

6. Memberlakukan sistem reward dan punishment

Berbagai sumber menyebutkan bahwa reward dan punishment dianggap sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi kerja sekaligus mengedukasi karyawan. Reward atau penghargaan diberikan bagi karyawan yang berprestasi, sedangkan punishment atau hukuman diberikan kepada karyawan yang melanggar peraturan.

Reward dapat berbentuk kenaikan gaji atau pemberian bonus dan komisi, kenaikan jabatan, trofi maupun sertifikat. Punishment, di sisi lain, dapat berbentuk penurunan gaji atau jabatan, penambahan jatah lembur, bahkan dapat berujung kepada pemecatan. Dengan adanya sistem reward and punishment karyawan akan semakin terpacu untuk produktif.

7. Mengizinkan karyawan bekerja secara remote

Sebuah hasil survey dari Global Workplace Analytic menunjukan bahwa bekerja dengan cara remote worker telah meningkatkan produktivitas karyawan menjadi 103 persen selama satu dekade terakhir.

Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa dengan mengizinkan karyawan bekerja secara remote bisa menekan angka cuti karena sakit. Bahkan, karyawan dianggap menjadi lebih inisiatif, dan bisa menekan biaya perusahaan.

Meski begitu, tidak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan secara remote, beberapa pekerjaan yang menggunakan sistem dan pekerjaaan operator pabrik tidak memungkinkan bekerja dengan sistem ini. Cara lain adalah memberikan cuti tambahan kepada karyawan.

8. Memastikan karyawan nyaman bekerja

Tempat kerja yang memiliki banyak tekanan dengan beban kerja yang berat sering kali tidak membuat karyawannya merasa nyaman.

Keadaan ini juga menjadi faktor yang menyebabkan strategi kerja karyawan mandek. Beberapa perusahaan juga mungkin akan mengalami peningkatan angka turnover karyawan.

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui tingkat kenyamanan dan kebahagiaan karyawan. Pasalnya, karyawan yang nyaman dan bahagia bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Sekian artikel ingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga:  Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran

 


Editor: Bagus -

     

Komentar