Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Kesehatan Mental Karyawan Itu Penting?
Siker.id | 25 Nov 2021 20:15


Bagikan ke
Kesehatan mental karyawan sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan jika ingin perusahaan tetap produktif. (siker)

siker.id - Setidaknya, sekitar 300 juta orang mengalami depresi, dan gangguan kecemasan. Salah satu penyebabnya adalah tekanan kerja. Bahkan WHO memperkirakan hal ini memicu menurunnya produktivitas sehingga menimbulkan kerugian ekonomi global sekitar US$1 triliun setiap tahunnya. Oleh karena itu, tak hanya kesehatan tubuh, Kesehatan mental juga perlu diperhatikan oleh perusahaan. Pasalnya, masalah kesehatan mental yang dialami oleh karyawan juga dapat berpengaruh pada produktivitas.

Baca juga: Pengusaha Wajib Daftar BPJS Kesehatan karyawannya?

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Mental Karyawan

Terdapat beberapa faktor yang berkontribusi terhadap Kesehatan mental seorang karyawan di tempat kerja;

1. Jam kerja yang panjang

2. Kemacetan yang tak dapat dielakkan

3. Gaji yang tak kunjung naik

4. Tempat kerja tidak memiliki suasana yang ramah

5. Monoton

6. Kurangnya apresiasi bos terhadap karyawan

7. Tidak adanya jaminan untuk berkembang di tempat itu.

Kerugian Akibat Dampak Negatif Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Jika kesehatan mental dari para pekerja terganggu, produktivitas karyawannya juga akan menurun. Padahal, produktivitas adalah salah satu hal yang paling penting untuk mendorong kemajuan perusahaan. Maka dari itu, perusahaan harus segera menangani masalah kesehatan mental tersebut. Memang, penyebab dari gangguan mental yang terjadi di kantor adalah perasaan stres yang bertumpuk sehingga menyebabkan gangguan akut. Ketika hal tersebut terjadi, kamu mungkin mengalami kelelahan secara fisik dan emosi. Dengan begitu, produktivitas juga akan menurun drastis dibanding biasanya. Seharusnya, perusahaan menyediakan layanan konsultasi kesehatan pekerjanya agar kelangsungan mentalnya tetap terjaga. Dengan begitu, produktivitas seorang pegawai akan tetap maksimal.

Baca juga: Terlalu Sibuk Bekerja Bahaya Bagi Kesehatan, Ini Faktanya !

Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental Karyawan

Ajak karyawan berbincang

Komunikasi merupakan hal terpenting. Jadi ketika karyawan mulai nampak kurang semangat, dan produktivitasnya menurun. Disarankan atasan mulai mengajak karyawan berbincang. Tanyakan bagaimana kabarnya, dan apa yang menyebabkan menurunnya produktivitas. Cobalah untuk mendengarkan baik-baik apa yang ia keluhkan, dan hindari kesan menghakimi.

Ciptakan budaya dan lingkungan kerja yang positif

Kedua hal ini merupakan hal yang penting bagi perjalanan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, sebagai bentuk upaya mengurangi masalah kesehatan mental pada karyawan, ada baiknya perusahaan mulai menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang positif. Kurangi juga beberapa faktor yang berhubungan dengan stres kerja.

Bantu karyawan mengatasi stres apapun penyebabnya

Apapun penyebabnya, stres dapat memengaruhi produktivitas karyawan. Maka, ada baiknya perusahaan memberikan bantuan kepada karyawan untuk mengatasi kondisi tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan cuti tambahan kepada karyawan untuk dapat beristirahat dan menenangkan diri, atau menyediakan jasa konsultasi untuk karyawan. Jika stres yang dialami karyawan disebabkan oleh kurangnya keseimbangan hidup, atau kekhawatirannya pada karier, perusahaan bisa mempertimbangkan beberapa hal.

Sekian artikel tentang pentingnya Kesehatan mental karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Mengalami Stres Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar