Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pahami 4 Jenis Copywriter Ini!
Siker.id | 26 Sep 2022 16:09


Bagikan ke
Jenis copywriter (siker)

siker.id – Pernahkah kalian mendengar mengenai profesi copywriter? Ya, ini tentu berhubungan dengan kegiatan copywriting. Copywriting ialah aktivitas menulis teks untuk iklan atau materi publisitas. Copywriting biasanya berupa konten yang dilihat di caption Facebook Ads, headline iklan di Google, konten untuk media sosial, tagline, dan lainnya.

Nah, seorang copywriter adalah seseorang yang bertugas menulis copy kreatif dan persuasif untuk berbagai konten dan media. Namun, seorang copywriter tidak selalu menulis copy yang berhubungan dengan iklan saja. Karena itu, copywriter juga terdiri dari beberapa jenis, antara lain adalah social media copywriter, marketing copywriter, brand copywriter, dan SEO copywriter.

Lantas, apa saja jenis copywriter ini? Begini penjelasannya!

Baca Juga: Pelajari 4 Skill Seorang Copywriter Ini!

Technical Copywriter

Jenis copywriter pertama adalah technical copywriter. Peran techincal copywriter adalah menjelaskan bagaimana caranya melakukan sesuatu. Jadi, teks yang dibuat biasanya dimuat dalam sebuah brosur, buku manual, panduan, dan lainnya. Jadi, kamu harus mampu mengubah suatu panduan yang sangat teknis menjadi sesuatu yang mudah dipahami dan dicerna oleh pembaca.

Niche Copywriter

Jenis kedua adalah niche copywriter. Sesuai namanya, niche copywriter adalah mereka yang memiliki spesialisasi di satu bidang saja. Misalnya copywriter di industri kecantikan atau kesehatan. Artinya, kamu perlu memiliki pengalaman beberapa tahun terlebih dahulu supaya bisa menguasai keahlian yang dibutuhkan di industri tersebut.

Baca Juga: Berikut 4 Tugas Seorang Copywriter

Social Media Copywriter

Jenis ketiga adalah social media copywriter. Konten-konten yang kamu lihat di media sosial adalah hasil karya social media copywriter. Mereka harus mampu membuat konten yang engaging namun sesuai dengan tone of voice dan brand personality.

Ads Copywriter

Jenis selanjutnya adalah ads copywriter. Salah satu jenis copywriting yang paling banyak dibutuhkan adalah copywriting untuk iklan. Teks yang dimuat di dalam iklan harus mampu mempengaruhi target audiensmu untuk melakukan sesuatu yang diharapkan. Baik itu mengklik tombol, mengunjungi profil, atau membeli produk.

Nah, itu tadi 4 Jenis Copywriter yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Menulis Artikel bagi Penulis Pemula


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar