5 Tips Menulis Artikel bagi Penulis Pemula
Siker.id | 29 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Perlu tahu cara menulis artikel yang tepat (siker)

siker.id - Artikel adalah tulisan yang ditulis untuk khalayak yang besar. Motif utama di balik menulis artikel adalah bahwa artikel itu harus diterbitkan di surat kabar, majalah, jurnal, atau website untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta dan diharapkan bisa mendidik, meyakinkan, atau menghibur pembaca. Mungkin bagi kamu yang ingin memulai karir sebagai penulis pastinya kebingungan bagaimana cara menulis artikel yang baik. Berikut kamu bisa simak ulasannya!

Baca juga: 3 Cara Produktif Menulis Jurnal Harian

Gunakan heading

Menggunakan heading saat menulis artikel tentu akan sangat membantumu, terutama dalam melihat susunan atau struktur artikel. Selain itu, menggunakan tag heading dapat mempermudah Google dan mesin pencari lainnya untuk mengindeks tulisan dalam artikelmu dan mempermudah pembaca untuk menyortir halaman lebih cepat.

Lakukan penelitian secara efisien

Penelitian penting untuk setiap artikel, tetapi jangan sampai menghabiskan terlalu banyak waktu untuk meneliti sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menulis draft pertama. Jika kamu mencari fakta atau statistik untuk mendukung argumenmu, cobalah untuk sespesifik mungkin dalam menuliskan istilah pencarian sehingga penelitian yang kamu lakukan berjalan secara efisien.

Menulis dengan ringkas

Rentang perhatian pembaca umumnya pendek, jadi salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan sebagai penulis adalah menjaga artikel yang kamu tulis agar tetap pada topik utama, ringkas, dan rapi sesuai struktur artikel yang ada. Memiliki target jumlah kata yang maksimal tidak hanya akan membantu kamu dalam menyelesaikan tulisan lebih cepat, tetapi juga akan menghasilkan artikel yang berfokus pada poin-poin penting yang dibahas.

Baca juga: 4 Fungsi Page Layout dalam Dunia Menulis

Menentukan Judul Artikel

Judul adalah penentu apakah artikel kita akan dibaca atau tidak oleh netizen. Sebaik apapun tulisan artikel kamu tidak akan berguna jika salah mencantumkan judul. Judul yang baik adalah terdapat subjek, objek dan predikat yang jelas namun hal seperti ini jarang dilakukan oleh blogger karena dianggap telalu panjang dan tidak dapat memikat para pembaca. Tulis judul yang dapat membuat pembaca penasaran dengan isi artikel kamu contohnya “5 Tips Menguasai Bahasa Inggris Dalam Sebulan”. Dengan judul seperti ini menekankan bahwa pembaca dapat menguasai bahasa inggris hanya dengan cara dan waktu yang singkat.

Tutup Artikel Dengan Kalimat Yang Berkesan

Ketika membuat kalimat pembuka yang menarik maka kalimat penutup pun harus berkesan bagi pembaca. Jika diawal memberikan sebuah pertanyaan maka di akhir artikel dapat memberikan sebuah jawaban, Jika di awal memberikan sebuah penjelasan maka akhiri dengan sebuah pertanyaan. Di akhir artikel kamu juga dapat membuat kesimpulan yang mempermudah pembaca untuk mengambil inti dari artikel kamu.

Sekian artikel tentang tips menulis artikel bagi penulis pemula. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat dari Melakukan Hobi Menulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar