Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kenali 7 Jenis Wirausaha Ini!
Siker.id | 09 Sep 2022 15:18


Bagikan ke
Jenis wirausaha (siker)

siker.id – Bisnis telah mengalami perkembangan yang pesat, ini terbukti dari banyaknya jenis usaha baru yang bermunculan di pasaran. Bentuk usaha ini bermacam-macam mulai dari yang menggunakan bentuk usaha secara langsung atau offline, maupun usaha-usaha online yang kini banyak diminati seperti, penyedia kursus online, reseller, dokter online, dan lain sebagainya.

Tak sedikit pula orang yang memilih untuk membuka dan menekuni bisnis wirausaha untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Lalu, apa saja jenis-jenis wirausaha yang biasanya terdapat dalam masyarakat? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 5 Jenis Risiko Usaha Ini!

Wirausaha Kecil

Wirausaha ini banyak ditemukan di kalangan khalayak luas. Pasalnya, kebanyakan wirausaha adalah usaha kecil. Banyak yang tertarik dengan kewirausahaan usaha kecil ini karena menghasilkan keuntungan yang mampu menopang keluarga dan gaya hidup sederhana.

Pengusaha dalam jenis ini tidak mencari keuntungan skala besar. Biasanya, jenis kewirausahaan ini terjadi saat seseorang memiliki dan menjalankan bisnisnya sendiri.

Bisnis Startup

Bisnis startup ini sekarang sudah berkembang pesat. Para pengusaha di bidang ini percaya bahwa perusahaan mereka mampu mengubah dunia adalah termasuk jenis wirausaha ini. Pengusaha di tingkat ini sering mendapatkan dana dari pemodal ventura dan mempekerjakan karyawan khusus.

Usaha Ritel

Usaha ritel merupakan salah satu usaha yang juga banyak ditemukan di masyarakat. Usaha ini juga disebut sebagai penjualan eceran secara langsung kepada konsumen. Usaha ini boleh dibilang merupakan jenis usaha yang minim resiko, karena persaingan yang terjadi hanya sebatas antar peritel.

Usaha ritel yang populer saat ini adalah jaringan minimarket yang berjumlah ribuan, dan tersebar di seluruh Indonesia.

Industri Kreatif

Industri kreatif kini telah menjadi fokus pemerintah untuk pengembangan potensi anak muda. Industri ini murni mengandalkan kreativitas anak-anak muda yang mampu menjawab peluang yang berkembang sesuai dengan keinginan pasar.

Berbagai bidang usaha yang ada pada industri kreatif seperti fashion designer, penulis, copywriter, desainer, penulis artikel, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Tips Memulai Usaha Laundry

Wirausaha Bidang Penelitian

Peneliti mengambil waktu mereka ketika memulai bisnis mereka sendiri. Mereka ingin melakukan penelitian sebanyak mungkin sebelum menawarkan produk atau layanan. Mereka percaya bahwa dengan persiapan dan informasi yang tepat, mereka memiliki peluang lebih tinggi untuk berhasil.

Usaha Kecil Bidang Agrobisnis

Bidang pertanian dan peternakan tentunya menjadi komoditi yang paling banyak dibutuhkan manusia hampir setiap harinya. Usaha bidang agrobisnis seperti ini juga termasuk dalam contoh kewirausahaan karena ada permintaan dan pengambilan keuntungan di sana.

Contoh kewirausahaan ini seperti budidaya ikan lele, peternakan ayam, budidaya sayur dan buah dan lain sebagainya.

Kewirausahaan Hustler

Apakah kamu sering mendengar ada pengusaha kecil yang ingin menjadi lebih besar? Mereka akan mengutamakan kerja keras daripada modal dalam setiap langkah yang diambil. Hal-hal yang memotivasi akan menjadi aspirasi dan apapun dilakukan untuk mencapai tujuan.

Pengusaha dalam tingkat ini tidak mudah menyerah dan berani menghadapi tantangan demi tujuan yang diinginkan. Misalnya, terdapat seseorang yang rela menghubungi banyak orang demi mendapatkan satu penjualan.

Nah, itu tadi 7 Jenis Wirausaha yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Buka Usaha Peternakan? Ini 3 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar