Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik
Siker.id | 11 Aug 2022 16:30


Bagikan ke
Manfaat menjadi pendengar yang baik (siker)

siker.id – Tidak hanya menjadi orang yang suka berbicara, kamu juga perlu berlatih untuk menjadi seorang pendengar yang baik bagi orang lain. Memang, bagi sebagian orang ini merupakan hal yang sulit sebab mereka terbiasa mengemukakan sesuatu dibanding mendengarkan omongan orang lain.

Eits, tapi menjadi seorang pendengar juga bukan merupakan hal yang pasif, lho. Dengan kamu mendengarkan seseorang, kamu sudah membantu orang lain untuk mengerti apa yang mereka utarakan dan kamu menjadi orang yang lebih bersimpati. Terkadang bukan diri kita saja yang ingin didengarkan, orang lain pun juga ingin kita mendengarkan mereka, mungkin terkait dengan keluh kesah mereka atau kebahagiaan yang sedang mereka alami?

Pastinya, hal tersebut merupakan sesuatu yang fine untuk kamu lakukan. Kamu bisa juga menjadi pemberi solusi ketika mereka menanyakan saran kepadamu. Terlebih jika kamu dan rekanmu berada dalam lingkungan kerja yang sama, tentu akan membantu kalian dalam mendukung kinerja dan produktivitas kerja kalian.

Nah, lalu apa saja manfaat menjadi seorang pendengar yang baik? Simak ulasannya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tanda Kamu Bukan Pendengar yang Baik

Mempunyai Simpati yang Tinggi

Ketika kamu mendengarkan cerita dari orang lain, mungkin kamu akan banyak mendengarkan cerita yang tidak terduga. Tak selalu cerita-cerita yang menyenangkan, kamu bisa juga menjadi tempat bercerita seseorang yang mengalami masalah yang besar, menyedihkan, atau bahkan traumatis. Saat kamu terbiasa mendengarkan berbagai cerita-cerita tersebut maka hal ini akan membangun kamu menjadi seseorang yang memiliki sifat simpati yang lebih tinggi.

Mengasah Diri untuk Berpikir Kritis

Dengan banyak mendengar cerita orang lain dengan seksama, maka kamu akan mengasah diri kamu sendiri untuk berpikir lebih kritis. Secara umum, orang yang bercerita akan mengakhiri ceritanya dengan meminta saran maupun pendapat dari kamu.

Baca Juga: Berikut Tips Menjadi Pendengar Baik di Tempat Kerja

Membuka Wawasan Baru

Mendengar merupakan suatu kegiatan yang akan membuat wawasan kita terbuka dan pengetahuan kita akan bertambah. Melalui cerita orang lain, kita akan bisa mengalami sesuatu secara tidak langsung. Sehingga, kita tidak perlu mengalami hal yang tidak menyenangkan secara langsung namun kita sudah bisa mengambil pelajaran dari kejadian tersebut melalui cerita orang lain.

Tak Mudah Menyalahkan Orang Lain

Orang yang memiliki kemampuan menjadi pendengar yang baik terbiasa untuk menempatkan dirinya. Hal inilah yang kemudian menjadikannya tidak mudah menyalahkan dan menilai orang hanya berdasarkan satu sudut pandang cerita saja. Ia selalu mau memperhatikan dengan detail dan juga lebih mau membuka diri terhadap cerita dari sudut pandang yang lain.

Nah, itu tadi 4 Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Membangun Hubungan yang Profesional


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar