Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menjadi Pendengar Baik di Tempat Kerja
Siker.id | 23 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Tips menjadi pendengar baik ditempat kerja. (siker)

siker.id - Salah satu cara agar menjadi pegawai yang baik adalah dengan mendengarkan bos dan rekan kerja. Menjadi seorang pendengar yang baik memang bukanlah perkara mudah. Membangun komunikasi di tempat kerja tak hanya tentang bagaimana anda berbicara, namun, juga tentang bagaimana anda bisa mendengarkan perintah bos dan juga rekan kerja. Menjadi pendengar yang baik tentu dibutuhkan agar kita tak salah menangkap perintah, juga agar dapat menghargai lawan bicara. Berikut tips menjadi pendengar yang baik di tempat kerja.

Baca juga: Berikut Tips Mencari Tempat Kerja Yang Nyaman

1. Persiapkan Diri Anda

Menjadi pendengar yang baik bukan hanya sekedar duduk dan mendengarkan lawan bicara, namun Anda harus dapat memfokuskan diri sepenuhnya terhadap apa yang disampaikan oleh lawan bicara Anda. Mendengarkan merupakan sebuah komitmen dan cukup memakan waktu, sehingga Anda sebaiknya menunda agenda pribadi Anda. Selain menyimak lawan bicara, Anda juga diharapkan untuk mengerti perasaan lawan bicara Anda. Cobalah untuk mengubah perspektif Anda dari sudut pandang lawan bicara Anda.

2. Perhatikan Pesan Tersirat

Untuk menjadi pendengar yang lebih baik, Anda juga harus memperhatikan bagaimana lawan bicara Anda mengatakan sesuatu, bukan hanya apa yang dia katakan. Terkadang seseorang berbicara dalam metafora, yaitu pemakaian kata atau kelompok kata bukan dari arti yang sebenarnya.

3. Gunakan bahasa tubuh dengan tepat

Bahasa tubuh akan membantu mendukung apa yang anda perbuat. Misalnya, ketika mendengarkan bos Anda sedang menjelaskan materi, maka Anda bisa memberi bahasa tubuh dengan mengangguk, tanda bahwa Anda paham dan menangkap maksud yang disampaikan. Gunakan bahasa tubuh dengan tepat, secukupnya, dan tidak berlebihan. Dengan begitu, penyampai pesan dapat nyaman ketika ia berkomunikasi dengan Anda.

Baca juga: Berikut Pertimbangan Dalam Memilih Tempat Magang

4. Tatap mata lawan bicara

Selain bahasa tubuh, tatapan mata juga perlu. Untuk menunjukkan keseriusan dan perhatian, tatap mata lawan bicara. Tatap dengan natural, tanda bahwa Anda perhatian dengan apa yang disampaikan. Jangan tatap secara intimidatif. Jika Anda tidak menatap lawan bicara, maka lawan bicara bisa saja tidak nyaman dan merasa anda tidak mendengarkan apa yang ia katakan. Terlebih, jika sedang membangun konversasi berdua.

5. Jauhkan diri dari distraksi

Saat mendengarkan, sebisa mungkin Anda sebelumnya sudah siap-siap untuk menjauhkan diri dari distraksi, salah satunya adalah notifikasi ponsel. Sebaiknya, matikan ponsel terlebih dahulu agar diskusi yang Anda miliki dengan bos atau rekan kerja tidak terganggu.

Sekian artikel tentang tips menjadi pendengar baik ditempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Bersaing Sehat Dalam Dunia Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar