icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tanda Kamu Bukan Pendengar yang Baik
Siker.id | 11 Feb 2022 12:40


Bagikan ke
Tanda kamu bukan pendengar yang baik. (siker)

siker.id - Pernahkah kamu mendengar pendengar yang baik atau good listener? Istilah ini sudah cukup banyak bertebaran, terutama di kalangan generasi muda. Good listener ditujukan kepada seseorang yang mampu menjadi seorang pendengar yang baik. Mereka mampu menyikapi pembicaraan yang diutarakan orang lain.

Menjadi seorang good listener, kamu paham betul bagaimana cara menghargai orang yang tengah berbicara maupun menyampaikan pendapat. Lantas, apa sajakah tanda bahwa kamu bukan termasuk seorang good listener? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut 3 Alasan Pentingnya Bekerja dengan Tulus

Mengacuhkan pembicaraan orang lain

Tentu kita pernah mengobrol antar sesama. Baik sekedar sapaan basa-basi seperti menanyakan kabar maupun obrolan yang dalam dan mendetail sekalipun. Mengobrol dengan orang lain tidak bisa sembarangan, lho. Termasuk kita harus bisa menjadi pendengar yang baik.

Tapi ketika sedang mengobrol dengan orang lain, kita juga seringkali melupakan hal tersebut. Salah satu tanda bahwa kamu bukan seorang good listener yaitu sering mengacuhkan pembicaraan seolah angin lewat.

Tidak menghargai perbedaan pendapat

Setiap orang bisa dipastikan memiliki pola pikirnya masing-masing. Cara berpikir antara satu orang dengan yang lainnya sudah pasti akan berbeda. Termasuk dalam hal menyampaikan pendapat. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bisa menghargai satu sama lain.

Tidak bisa menghargai perbedaan pendapat merupakan tanda bahwa kamu masih belum bisa menjadi seorang pendengar yang baik. Padahal perilaku seperti ini jika dilanggengkan bisa memicu perpecahan.

Baca juga: Tips Cepat Dapat Promosi saat Bekerja

Memaksakan kebenaran sendiri

Memang tidak dapat dipungkiri jika versi kebernaran antara satu orang dengan orang lainnya bisa jadi akan berbeda. Apa yang menurut versi kita baik bisa jadi dalam pandangan orang lain belum tentu demikian. Begitupun sebaliknya.

Selalu memaksakan kebenaran sendiri dalam berbagai situasi merupakan pertanda bahwa kamu belum mampu menjadi seorang good listener. Padahal bisa jadi yang menurutmu benar belum tentu itu benar.

Memandang sebelah mata orang lain

Sebagai makhluk sosial, kita pasti pernah berinteraksi dengan orang lain. Entah itu interaksi terkait permasalahan sederhana maupun interkasi yang menyangkut urusan penting sekalipun. Ketika sedang berinteraksi dengan orang lain, sebisa mungkin kita harus bisa menghargai antar sesama.

Tapi pada kenyataannya masih cukup banyak orang yang mengabaikan hal tersebut ketika sedang mengobrol. Alih-alih bisa menghargai antar sesama, yang ada kita justru sering memandang sebelah mata orang lain.

Sekian artikel tentang tanda kamu bukan pendengar yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Pekerja IT yang Ingin Bekerja di Luar Kantor


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar