Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?
Siker.id | 10 Nov 2021 12:40


Bagikan ke
Kerja sama dalam tim ternyata bisa menumbuhkan kekompakan tim. (siker)

siker.id - Pemahaman tentang tim merupakan hal yang penting untuk dapat melaksanakan semua fungsi manajemen terutama kepemimpinan. Sebuah tim adalah refleksi dari kenyataan hidup kelompok orang yang terorganisasi. Tim tidak hanya penting dan bermanfaat bagi organisasi, tetapi memberi manfaat bagi individu anggota. Manfaat lain dari tim adalah meningkatkan komunikasi interpersonal diantara para anggotanya. Bekerja dalam tim mempunyai banyak fungsi dan manfaat. Fungsi bekerja sama dalam tim antara lain dapat mengubah sikap, perilaku dan nilai-nilai pribadi serta dapat turut serta dalam mendisiplinkan anggota lainnya. Berikut ini akan dijabarkan beberapa manfaat yang didapatkan saat kita bekerja dalam sebuah tim:

Baca juga: Manfaat Bergabung di Komunitas Lowongan Kerja

1. Membentuk Tim Dinamis

Teamwork secara tidak langsung dapat membantu Anda memiliki tim yang solid dan dinamis. Bekerja secara berkelompok akan mendorong setiap anggota tim untuk bersama-sama mencari dan menerapkan strategi bekerja produktif dan saling membantu. Dengan cara ini, akan tercipta dinamika kerja tim yang kuat, yang menghasilkan output atau timbal balik yang besar.

2. Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi

Bekerja dalam tim berarti harus saling mendukung dan menyokong satu sama lain dalam menyelesaikan tugas. Cara ini membuat pekerjaan selesai pada waktu yang ditetapkan dan meraih pencapaian optimal. Anda yang terlibat dalam kerja sama tim tentu saja tidak boleh mementingkan diri sendiri. Sebab, kolaborasi serta tukar pendapat perlu dilakukan antar anggota tim untuk bisa mencapai keberhasilan organisasi secara keseluruhan.

3. Mengumpulkan Banyak Ide

Ide yang dihasilkan dari satu kepala akan berbeda dengan ide yang dihasilkan dari banyak kepala. Artinya, bekerja bersama dalam tim akan meningkatkan antusiasme seluruh anggota tim. Masing-masing individu akan tertantang untuk memberikan ide-ide kreatif. Nantinya, satu ide yang muncul bisa dilengkapi dengan ide-ide lain, sehingga terjadi kolaborasi ide yang memunculkan inovasi baru. Di saat yang sama, mengumpulkan banyak ide seperti ini berguna untuk perkembangan pengetahuan setiap individu. Kemudian, akan berpengaruh pula pada penentuan strategi efektif yang akan dilakukan oleh perusahaan di masa yang akan datang.

4. Kerjasama Tim Membuat Lebih Bahagia

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1000 anggota tim menunjukkan bahwa kerjasama tim mendatangkan kebahagiaan. Umpan balik, rasa hormat dan keterbukaan setiap orang di dalam tim merupakan faktor yang membuat mereka bahagia saat bekerjasama dalam tim. Tentu saja, pekerja yang bahagia akan menghasilkan produktivitas tinggi yang juga bermanfaat bagi kesuksesan organisasi.

5. Meningkatkan Peluang Bertumbuh Secara Individual

Kerjasama tim dapat membuat Anda bertumbuh secara individual. Kerjasama tim membuat Anda dapat saling berbagi informasi, saling melatih dan menyemangati satu dengan yang lain sehingga akan mendapatkan pengalaman dan ide-ide yang baru. Kerjasama tim juga merupakan kesempatan untuk belajar dari kesalahan yang dilakukan oleh anggota lainnya. Ini membuat Anda menjadi orang yang sangat berhati-hati dalam mengambil langkah agar terhindar dari kesalahan yang sama di masa depan.

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?

6. Dapat Menghilangkan Kejenuhan

Anda pasti mengalami kejenuhan dalam pekerjaan. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah saling berbagi tugas dengan anggota tim lainnya. Saat bekerjasama dalam tim, Anda saling memberikan dukungan emosional. Inilah yang membuat setiap anggota tim dapat kembali bersemangat dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

7. Menggali Potensi Diri

Dapat menggali potensi diri dan menggunakan kekuatan yang Anda miliki pun merupakan manfaat kerja sama tim. Dalam kelompok, pembagian tanggung jawab biasanya berfokus pada keterampilan yang dimiliki oleh anggota, sehingga setiap tugas dapat ditangani dengan baik.

8. Meningkatkan Kesuksesan Organisasi

Di era teknologi yang semakin maju saat ini, Anda dituntut memiliki keterampilan tertentu. Tentu saja, tidak ada individu yang dapat menguasai seluruh keterampilan yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan tim. Dengan bekerjasama dalam tim, setiap orang dapat memegang peranannya masing-masing dengan keterampilan yang dimiliki sehingga anggota tim yang satu dapat melengkapi anggota tim lainnya. Keterampilan unik yang dimiliki dapat membuat setiap orang bersinar dan menghasilkan kinerja yang luar biasa.

9. Mampu Meningkatkan Produktivitas

Salah satu faktor yang membuat Anda menghasilkan pekerjaan yang luar biasa adalah rasa hormat dan rasa dihargai yang didapatkan dari rekan-rekan di dalam tim. Kerjasama tim merupakan hal yang membuat Anda mendapatkan rasa hormat dan dihargai agar termotivasi dan menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi.

10. Memampukan Anda Berani Mengambil Risiko

Jika bekerja sendiri, Anda akan takut untuk melangkah. Jika bekerjasama dalam tim, Anda akan memiliki keberanian untuk melakukan banyak hal, termasuk hal-hal yang berisiko tinggi. Anda mengetahui bahwa akan selalu ada orang-orang yang mendukung sekalipun nantinya akan menghadapi kegagalan. Itulah sebabnya, kerjasama tim memampukan Anda berani mengambil risiko.

Sekian artikel tentang manfaat dari Kerjasama dalam tim. Bila Anda menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika memiliki kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 7 Manfaat Psikotes Untuk SDM Perusahaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar