Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Dampak Overthinking Bagi Karyawan
Siker.id | 15 Mar 2022 12:30


Bagikan ke
Dampak overthinking bagi karyawan. (siker)

siker.id - Overthinking mungkin sudah menjadi ucapan sehari-hari dari para pekerja. Ketika mengalami overthinking, bukannya untuk menyelesaikan masalah terkadang menjadi masalah tambahan.

Terkadang suka tidak sadar saat mengalami overthinking. Berawal dari melamun hingga pikiran terbang melayang dan memikirkan hal yang tidak begitu penting.

Lalu apa saja dampak dari overthinking terutama bagi karyawan? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Sisi Positif Dari Overthinking

Menghambat Aktivitas

Memikirkan hal yang tidak perlu apalagi terlalu keras sama saja membuang-buang energi. Tidak heran bila karena overthinking, seseorang mudah malas dan capek.

Selain itu juga, Anda jadi menunda pekerjaan ( Prokrastinasi) atau tetap bekerja namun tidak maksimal.

Kesehatan Memburuk

Jika semakin parah, hal ini akan memberikan efek pada kesehatan individu tersebut. Mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan mental.

Kebiasaan buruk ini dapat membuat seseorang mudah mual, pusing, jantung berdebar dengan cepat hingga sesak napas.

Bahkan karena overthinking, tidak sedikit orang jadi malas makan hingga terkena gizi buruk. Selain itu juga kesehatan mental juga akan terganggu. Mudah marah, selalu merasa ketakutan, dan parahnya, bisa mengalami anxiety.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Overthinking di Tempat Kerja

Performa Kerja Menurun

Dengan bekerja tidak maksimal, performa kerja Anda juga ikut menurun. Susahnya untuk berkonsentrasi karena pikiran sedang terpecah sehingga sulit juga untuk berkomunikasi.

Dengan hal ini, pastinya akan konflik dalam perusahaan karena pekerjaan Anda tidak beres. Dan hal ini dapat menimbulkan overthinking lagi.

Emosi Tidak Terkontrol

Bukannya mendapat solusi yang terbaik, malah karena overthinking membuat kesulitan untuk mengatur emosi. Biasanya dalam kondisi overthinking, secara tidak sadar akan mudah marah, panik, dan memiliki perilaku yang aneh.

Karena sedang dirundung kesedihan dan kebingungan, sehingga emosi yang di dalam diri juga ikutan meluap secara tidak sadar. Jika emosi terus meledak, seseorang akan gampang terkena depresi.

Sekian artikel tentang dampak overthinking bagi karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Faktanya Karyawan Usia Produktif Tidak Bahagia Lembur


Editor: Theo Adi -

     

Komentar