icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Sisi Positif Dari Overthinking
Siker.id | 21 Dec 2021 21:15


Bagikan ke
Sisi postif dari sifat overthinking. (siker)

siker.id - Anda termasuk pribadi yang overthinking? Mengambil keputusan pasti jadi sesuatu yang sagat berat utukmu, kan? Karena biasanya pasti kepikiran terus seperti pikiran kalau Anda pilih ini, kira-kira salah tidak, sih? Kalau pilih itu, salah juga tidak? Alhasil Anda jadi tidak tenang karena terus-terusan mikir berlebihan! Tapi ternyata, overthinking ada sisi positifnya juga. Berikut ini sisi postif dari overthinking yang perlu Anda tahu!

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Overthinking di Tempat Kerja

1. Membantu untuk menyiapkan beragam rencana

Ketika Anda sedang mengalami persoalan tertentu, tidak heran akan membuat lebih mudah overthinking. Apalagi, hal tersebut merupakan suatu hal yang penting. Alhasil, kita memperlukan beragam rencana untuk menyelesaikannya. Overthinking justru membantu Anda menyiapkan beragam planning. Hal ini membuat kita jauh lebih berjaga-jaga jika kondisi sebenarnya diluar dari apa yang diharapkan.

2. Lebih siap menerima keadaan buruk

Seseorang yang melakukan overthinking dalam menghadapi persoalan, akan cenderung memikirkan suatu hal sampai keakar-akarnya. Alhasil, dia akan jauh lebih menerima keadaan buruk. Sikap seperti ini, membuat diri kita jauh lebih siap jika dihadapkan kekecewaan dan tidak kaget dengan hal yang nantinya terjadi. Namun, jangan sampai hal ini dilakukan secara berlebihan, ya! Sebab, bisa membuatmu makin stres lantaran terlalu memikirkan sesuatu hal.

3. Setiap keputusan yang diambil telah dipikirkan secara matang

Kalau sudah overthinking, tentu sudah memikirkan beragam hal untuk bisa menentukan keputusan yang tepat. Alhasil, jadi tidak ragu-ragu dan sembarangan dalam memilih sesuatu hal. Sebab, telah mempertimbangkan setiap perkiraan yang terjadi. Namun, jangan sampai justru terlalu berlarut-larut memutuskannya sampai kehilangan kesempatan, ya!

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?

4. Kamu jadi bisa lihat sesuatu dari banyak sudut pandang

Kira-kira apa yang terjadi kalau kamu memilih ini, apa konsekuesi kalau kamu menjalani itu, apa dampak bagi orang-orang kalau kamu nggak melakukan ini dan sebagainya. Kamu memikirkannya lebih banyak dibandingkan orang lain. Tentu kalau kamu lagi ada masalah, kamu bisa lihat banyak hal baik dan buruk dari pilihan-pilihanmu.

5. Mudah menyadari kesalahan

Nah, kesalahan kecil aja dari keputusan kamu, pasti terus kamu analisis dalam-dalam. Coba kalau kemarin aku pilih ini, bukan itu, begitu pikirmu. Setelah ini jika dihadapkan dengan masalah yang sama, kamu akan mudah menyadari kesalahan-kesalahan yang kamu buat.

Sekian artikel tentang sisi positif dari overthinking. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar