icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Fungsi dan Kemampuan Seorang Legal Officer
Siker.id | 13 Jan 2022 15:45


Bagikan ke
Fungsi dan skill yang harus dimiliki oleh seorang legal officer. (siker)

siker.id - Di Indonesia banyak para pebisnis-pebisnis sukses yang sudah memiliki Perusahaan sendiri. Bisa kita lihat banyaknya gedung bertingkat yang berbasis PT, apalagi yang sudah Tbk. Keseriusan mereka dalam membangun sebuah perusahaan tidak luput dari yang namanya Aturan dan Hukum. Kedua hal ini lah yang bisa membuat berdirinya gedung-gedung besar itu. Legalitas sangat penting untuk di urus, terutama ketika sebuah bisnis yang semakin berkembang. Biasanya di suatu perusahaan terdapat salah satu bagian yang bertugas di bidang hukum suatu Perusahaan yaitu Legal Officer. Apa fungsi dari Legal Officer di dalam Perusahaan?

Baca juga: Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan

Memberikan Nasihat Hukum

Penasihat hukum memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pengarahan kepada anggota tim serta staff perusahaan mengenai masalah hukum, kewajiban potensial, serta tindakan hukum yang tepat. Sehingga, pekerjaan ini akan membantu untuk menerjemahkan bahasa hukum yang rumit dan merubahnya ke bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang. Selain itu, mereka harus bisa memberikan rekomendasi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan hukum.

Mengelola Dokumen

Selanjutnya, mereka bertanggung jawab untuk memproses seluruh dokumen, mulai dari menulis, meninjau dokumen penyelesaian, kontrak, Surat Perjanjian, sertifikat saham, dan dokumen penting lainnya. Seluruh tugas inilah yang akan menjadi rutinitas sehari-sehari dan membutuhkan fokus dan presisi yang pas.

Melakukan Penelitian

Karena hukum serta peraturan perundang-undangan selalu berubah-ubah, Legal Officer harus terus melakukan penelitian terkait sumber daya hukum melalui artikel, Undang-Undang, keputusan pengadilan, dan sumber lainnya. Dengan begitu, mereka dapat mengetahui semua Undang-Undang yang sedang ditetapkan dan bisa memberikan rekomendasi atau saran hukum yang tepat.

Baca juga: Berikut Ini Definisi dan Tugas Staf Administrasi

Mengidentifikasi Risiko Masalah Sejak Dini

Agar tidak menimbulkan masalah yang besar, permasalahan hukum harus dihentikan sejak awal bahkan sebelum masalah itu timbul. Maka dari itu, staff Legal Officer harus bisa mengidentifikasi masalah-masalah yang akan timbul agar bisa menentukan tindakan serta keputusan yang tepat. Mereka juga akan memberikan pengarahan kepada perusahaan terkait alternatif tindakan untuk mengurangi risiko.

Kemampuan Seorang Legal Officer

1. Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

2. Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

3. Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

4. Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

5. Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Sekian artikel tentang tugas dari legal officer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Apa Dasar Hukum Pengaturan Jam Kerja Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar