icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Caranya Memotivasi Karyawan?
Siker.id | 15 Dec 2021 08:30


Bagikan ke
Tips memotivasi karyawan agar karyawan semakin bersemangat kerja. (siker)

siker.id - Dalam dunia bisnis dan kerja, kita tahu bahwa karyawan adalah sosok yang memegang peranan penting untuk menggerakkan bisnis bersama-sama dengan tim dalam meraih tujuan perusahaan. Tidak heran jika motivation atau motivasi karyawan menjadi hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam setiap manajemen perusahaan. Mengapa demikian? Karena jika karyawan memiliki motivasi kerja yang bagus, maka produktivitas kerja juga akan meningkat. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan motivasi karyawan? Motivasi karyawan adalah suatu rasa atau dorongan semangat yang memacu individu untuk bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya, dan memberikan kinerja terbaik demi meraih suatu tujuan yang diharapkan. Berikut cara memotivasi karyawan!

Baca juga: Beberapa Indikator yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan

1. Lakukan Survei dan Terimalah Feedback

Salah satu alasan kenapa perusahaan merasa kesulitan menemukan titik terbaik untuk memberikan motivasi kepada seluruh karyawannya adalah karena ketidaktahuan mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan. Maka, langkah pertama yang harus diambil perusahaan adalah mengumpulkan feedback melalui survei motivasi dan kepuasan karyawan. Biarkan karyawan memberikan feedback yang jujur dan tulus tentang pengalaman, ide, dan saran mereka. Ini akan membantu perusahaan mengidentifikasi area yang membutuhkan perhatian Anda.

2. Akui dan Apresiasi Pekerjaan Mereka

Terdengar klise, tapi banyak yang mengabaikan. Faktanya 51% karyawan menginginkan pengakuan dari atasan mereka agar tetap merasa nyaman dan betah di perusahaan mereka saat ini. Pada akhirnya, pengakuan dan apresiasi akan menjadi pendorong utama motivasi karyawan meningkat dan berdampak positif pada kemajuan perusahaan. Poin ini terjadi karena ada harga diri yang diangkat oleh atasan mereka tentang apa yang sudah mereka kerjakan saat ini, seberapapun baik atau buruk hasil pekerjaan tersebut.

3. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Suasana tempat kerja sangat penting bagi karyawan. Maka, buatlah ruang kerja yang nyaman, dipenuhi semangat dan energi positif. Anda juga dapat memberikan kebebasan pada setiap karyawan untuk mengatur meja kerja dengan ornamen yang mereka inginkan asalkan tidak berlebihan. Selain itu, menciptakan iklim kerja positif bisa dengan menerapkan gaya kepemimpinan yang disegani, tidak menjadi pemimpin yang arogan, dan menerapkan servant leadership. Ciptakanlah hubungan baik dengan setiap karyawan agar lingkungan kerja selalu harmonis.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Efisiensi Kerja Karyawan?

4. Menerapkan Cara Berkomunikasi Efektif

Meningkatkan motivasi kerja dapat dilakukan dengan membangun komunikasi efektif di tempat kerja. Anda bisa memulainya dengan rutin mengadakan diskusi secara langsung, atau komunikasi secara tatap muka. Cara ini, bisa membantu Anda memahami gaya komunikasi masing-masing individu di dalam perusahaan. Usahakan untuk secara rutin melakukan pertemuan dan diskusi, alih-alih hanya berkomunikasi melalui email atau grup Whatsapp. Memberikan kesempatan untuk berdiskusi dan mengeluarkan pendapat, membangun kedekatan dengan karyawan.

5. Memberikan Reward atas Prestasi Karyawan

Memberi penghargaan sebagai apresiasi kepada karyawan terbaik mungkin terkesan seperti cara lama. Namun, cara ini dinilai mampu efektif meningkatkan motivasi kerja karyawan. Bonus yang perusahaan berikan secara wajar akan menambah semangat kerja dan terus memacu karyawan untuk berbuat lebih baik lagi atas pekerjaannya.

Sekian artikel tentang cara memberi motivasi karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Seorang Karyawan Unggulan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar