Bagaimana Cara Melakukan Efisiensi Kerja Karyawan?
Siker.id | 14 Dec 2021 17:00


Bagikan ke
Tips melakukan efisiensi kerja karyawan. (siker)

siker.id - Sumber daya manusia menjadi sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan, karena sumber daya manusia merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Meskipun perusahaan telah menerapkan otomasi dengan mesin berteknologi tinggi, namun peranan manusia tidak dapat digantikan sepenuhnya. Semakin pesat perkembangan suatu perusahaan, maka semakin besar pula jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Perusahaan perlu melakukan langkah khusus agar efektifitas dan produktifitas tenaga kerja tetap dapat dipertahankan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah meningkatkan efisiensi karyawan dalam rangka menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Berikut ini cara melakukan efisiensi karyawan!

Baca juga: Berikut Ini Tips Mempertahankan Karyawan Potensial

1. Delegasikan Tugas

Untuk mampu menyelesaikan semua tugas di kantor secara efektif dan efisien, kamu harus bisa mendelegasikan tugas dan meminta tolong. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk meminta tolong dalam hal pekerjaan. Dua hal yang harus dimiliki untuk bisa melakukan hal tersebut adalah komunikasi dan kepercayaan. Jadilah seorang team player yang tahu kapan harus meminta bantuan dari rekan-rekan setim. Beritahu rekan kerjamu mengenai deadline dari setiap pekerjaan yang kamu delegasikan kepadanya.

2. Komunikasikan Semuanya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kolaborasi adalah sesuatu yang tak dapat terhindarkan dari pekerjaan kita. Oleh karena itu, kita harus mengerti bagaimana caranya bekerja secara efektif dengan orang lain untuk bisa menyelesaikan pekerjaan bersama secara efektif dan efisien. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pekerjaan yang tidak perlu dan menghemat waktu adalah dengan mengeliminasi semua kesalahpahaman. Pastikan semua anggota tim memahami brief dari tugas masing-masing di awal pekerjaan.

Baca juga: Berikut Cara Merencanakan Keuangan Buat Karyawan

3. Pergunakan Waktu dengan Baik

Salah satu cara untuk dapat meningkatkan efisiensi kerja yaitu dengan mempergunakan waktu kerja dengan baik. Jika waktu kerja Anda delapan jam sehari, sebaiknya buatlah list tentang pekerjaan apa saja yang perlu untuk segera diselesaikan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan satu per satu pekerjaan secara terorganisir.

4. Pertahankan Tujuan yang Jelas & Terfokus

Kewajiban dan tugas karyawan harus dibuat sejelas dan sedetil mungkin. Biarkan mereka tahu persis apa yang Anda harapkan dari mereka, dan beri tahu secara khusus apa tujuan tertentu dari tugas ini. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memastikan tujuan anda adalah "SMART" yaitu spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu. Sebelum menugaskan seorang karyawan sesuatu, tanyakan pada diri sendiri apakah hal tersebut sesuai dengan kualifkasi masing-masing.

5. Mencocokan tugas dan keterampilan

Mengenal keterampilan dan perilaku karyawan sangat penting untuk memaksimalkan efisiensi. Sebagai contoh, seorang pemikir yang ekstrovert, kreatif dan out of the box mungkin adalah orang yang hebat untuk berkomunikasi dengan klien, namun mereka mungkin akan kesulitan jika mereka diberi tugas yang lebih rinci dan berorientasi pada ketelitian. Meminta karyawan Anda untuk menjadi terampil dalam segala hal tidaklah efisien. Sebelum memberikan tugas kepada karyawan, tanyakan pada diri anda: apakah ia orang yang paling cocok untuk melakukan tugas ini? Jika tidak, carilah orang lain dengan keterampilan dan karakter yang cocok dengan kebutuhan anda.

Sekian artikel tentang cara melakukan efisiensi kerja karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Pentingnya Memberikan Apresiasi Pada Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar