Berikut Tips Memperkenalkan Diri Saat Interview
Siker.id | 05 Dec 2021 16:00


Bagikan ke
Memperkenalkan diri saat interview bertujuan agar perekrut bisa memahami Anda dari awal perkenalan sebelum tahu secara luas. (siker)

siker.id - Ketika Anda melakukan interview kerja, biasanya akan dimulai dengan perkenalan diri secara singkat. Perkenalan diri bisa Anda lakukan dengan cara menceritakan pengalaman mengenai latar belakang hidup Anda, berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Setidaknya, hal ini dapat membuat Anda unggul, ditambah Anda bisa melakukan perkenalan diri dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan saat Anda memperkenalkan diri pada waktu interview kerja!

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Siap Menghadapi Walk In Interview

1. Persiapkan Diri dengan Baik

Melakukan penelitian sebelumnya dapat membantu Anda berhasil dalam perkenalan diri saat interview. Sebelum interview, cobalah untuk mencari tahu beberapa informasi penting tentang perusahaan seperti untuk mempelajari lebih lanjut tentang visi, misi, nilai, dan budaya kerja yang ada. Jangan lupa untuk memperhatikan deskripsi pekerjaan yang dijelaskan di awal untuk melihat keterampilan dan kualifikasi yang mereka cari dalam diri seorang kandidat.

2. Tetap Sopan dan Profesional

Menjaga kesopanan sepanjang waktu Anda di perusahaan, baik sebelum dan sesudah proses interview, dapat membantu Anda membuat perkenalan yang baik. Cobalah untuk mempertahankan bahasa tubuh yang baik dengan duduk tegak dan melakukan kontak mata dengan orang yang Anda lihat.

3. Berbicara dengan Tenang

Rasa gugup pasti akan dialami semua orang, termasuk Fresh Graduate, namun hal ini harus Anda atasi karena akan mempengaruhi pada saat Anda sedang berbicara saat interview nanti.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja?

4. Fokus pada Kualifikasi Anda

Pengenalan diri Anda harus cukup ringkas untuk menarik minat pewawancara agar mau mendengarkan. Umumnya, kesimpulan cepat tentang kualifikasi Anda sudah cukup. Anda juga bisa menyebutkan beberapa hal unik yang tidak penting untuk pekerjaan, tetapi mencerminkan kepribadian Anda. Komentar awal Anda harus menunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan dan organisasi.

5. Cobalah untuk Tetap Relax

Relax dapat membantu Anda tetap fokus dan percaya diri selama interview. Sebelum bertemu HR, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan ingatkan diri Anda sendiri betapa siapnya Anda untuk ini. Saat Anda akan menghadapi interview, tidak sedikit yang merasa tertekan dan terlalu overthinking dengan apa yang akan terjadi. Cobalah untuk tetap relax agar tidak kehilangan konsentrasi dan persiapan yang sudah Anda bangun.

6. Perhatikan Gestur Anda

Saat bertemu HR recruiter, Anda dapat berdiri dan menjabat tangan mereka. Kemudian Anda dapat menyebutkan nama panggilan dan detail lainnya yang Anda latih selama perkenalan. Setelah HR memperkenalkan diri, Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, “Senang bertemu dengan Anda,” sebelum melanjutkan sesi interviewnya. Gestur yang baik dapat menjadi nilai plus bagi HRD.

Sekian artikel tentang tips memperkenalkan diri saat interview. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar