Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Menjawab Pertanyaan Gaji Yang Diharapkan
Siker.id | 07 Dec 2021 15:00


Bagikan ke
Tips Menjawab Pertanyaan Gaji yang Diharapkan. (siker)

siker,id - Pada saat wawancara kerja, Anda tentu akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan yang cukup menyulitkan Anda, dan salah satunya adalah gaji yang diharapkan. Hal semacam ini sebenarnya bertujuan untuk melihat mental dan konsistensi Anda dalam menjawab pertanyaan. Pastinya Anda sudah memiliki patokan tersendiri untuk gajimu. Namun, Anda harus memahami bagaimana cara menjawabnya agar tidak saling merugikan. Berikut ini tips cara menjawab pertanyaan gaji yang diharapkan!

Baca juga: Jenis Pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan Saat Interview

1. Kasih Jawaban yang Normatif

Tidak perlu sebut nominal pasti dari gaji yang Anda terima di perusahaan sebelumnya. Kasih jawaban yang sifatnya generik. Misalnya, sebut saja bahwa di perusahaan saat ini atau sebelumnya Anda mendapat gaji sesuai dengan standar perusahaan dan kurang lebih sama dengan karyawan lain yang jabatannya sama. “Berdasarkan riset saya baru-baru ini di situs X, saya dibayar setara dengan nominal rata-rata yang diterima karyawan di posisi saya di perusahaan X,”

2. Jangan Pernah Berbohong

Kemungkinannya, si HRD di perusahaan tempat Anda interview kerja tidak puas dengan jawaban di atas dan minta angka gaji yang diharapkan secara pasti. Kalau sudah begitu, Anda disarankan buat ngomong apa adanya aja. Kebohongan apa pun dalam interview atau resume pelamar, cepat atau lambat bakal terbongkar. Jadi lebih baik jujur berapa gaji Anda di tempat sebelumnya.

3. Pahami Tugas

Cari tahu dulu mengenai pekerjaan atau jobdesk pada posisi yang Anda lamar. “Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya ingin memahami dulu mengenai posisi dan tanggung jawabnya. Saya juga ingin tahu apa yang diharapkan dari saya jika saya bekerja di sini. Karena saya telah bekerja di posisi serupa beberapa waktu sebelum ini, saya dapat mengukur nilai saya. Saya juga yakin akan ditawari tugas-tugas penting. Setelah mengetahui tugas-tugas saya, baru saya harap bisa sampai pada angka yang sama.”

Baca juga: Begini Pertanyaan Seputar Wawancara Kerja, Simak Yuk !

4. Tanyakan Budget Perusahaan

“Untuk menjawab pertanyaan ini, saya ingin tahu berapa yang perusahaan berikan kepada karyawan sebelumnya yang berada di posisi ini? Apakah kualifikasi dan pengalamannya serupa dengan saya? Informasi ini dapat membantu saya menentukan angka tertentu (untuk permintaan gaji). Saya tahu posisi ini menawarkan banyak peluang dan sangat menyadari bahwa perusahaan akan membantu saya tumbuh. Jadi, saya yakin bukan hal bijaksana memperkirakan jumlah tertentu sekarang. Saya ingin melihat ke depan dan mungkin dalam satu atau dua hari, kita bisa menyepakati angka yang sama.”

5. Cari Tahu Kisaran Gaji Sebelumnya

Jangan malas untuk mencari tahu! Terlebih lagi apabila ini merupakan wawancara kerja pertama yang Anda dapatkan. Cobalah untuk melakukan research terkait besaran gaji yang setimpal pada posisi yang menjadi pilihan Anda. Jangan hanya mengambil satu atau dua data saja. Carilah beberapa data pendukung supaya Anda dapat melakukan perbandingan, hingga akhirnya menemukan angka yang pas!

6. Lakukan Salary Compare

Coba ingat kembali kisaran gaji yang Anda terima di perusahaan sebelumnya. Tidak ada salahnya untuk membandingkan nominal keduanya. Kondisi ini dapat sangat membantu untuk menemukan kisaran gaji yang cocok! Jika sudah memiliki gambaran, Anda boleh untuk mengambil keuntungan dengan menyebutkan nominal yang sedikit lebih besar dibandingkan gaji terdahulu.

Sekian artikel tentang cara menjawab gaji yang diharapkan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Gugup Saat Wawancara Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar