icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Adalah Tipe Kerpibadian Dalam Tes Psikotes DISC
Siker.id | 17 Apr 2023 09:04


Bagikan ke
ilustrasi DISC (siker / doc.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - DISC Personality Test merupakan salah satu alat tes yang digunakan dalam proses yang dilakukan dalam rekrutmen pada tahap tes psikotes.  DISC personality test merupakan salah satu alat tes kepribadian yang banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. Tes kepribadian ini mengukur bagaimana individu menanggapi aturan, lingkungan, serta masalah dan tantangan.

Baca juga: Ini Dia 3 Klasifikasi Utama dalam Psikotes Kerja!

Tipe-Tipe Kepribadian DISC

1. Type D (Dominance)
Orang yang Dominance  tinggi akan bersifat asertif (tegas) dan langsung. Biasanya mereka sangat independen dan ambisius. Dalam pemecahan masalahnya, tipe dominan ini melakukan pendekatan yang aktif dan cepat menyelesaikan masalah. Mereka ini orang yang cukup gagah, mereka sangat menyukai tantangan dan persaingan. Mereka dipandang orang lain sebagai orang yang berkemauan keras. Oleh karena itu mereka menginginkan segala sesuatu sesuai dengan kemauan mereka. 
Orang dengan kepribadian tipe D ini cocok bekerja pada bagian Pemimpin, Leader, Supervisor,  Manager, Bussiness Development, Site Co.

2. Type I (Influence)
Tipe Influencing ini senang berteman. Mereka suka menghibur orang lain dan bersifat sosial. Dalam penyelesaian masalah atau mengerjakan sesuatu, mereka banyak mengandalkan keterampilan sosial. Orang yang bersifat interpersonal ini senang berpartisipasi dalam kelompok dan suka bekerja sama. Keterbukaan sikapnya membuat orang lain memandang dirinya sebagai pribadi yang gampang bergaul dan ramah. Biasa nya pribadi seperti ini memiliki banyak teman. Type ini mampu meyakinkan dan memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu, hal ini sangat didukung oleh keterampilan dalam berkomunikasi dan keberanian dalam mengambil keputusan.                    
Orang dengan kepribadian tipe I ini cocok bekerja pada bagian Marketing, Motivator, Presenter, Negosiator, Pekerja Lapangan, Brand Executive, Marcomm, Promotion, Training & Development.

Baca juga: Berikut adalah 6 Tips Mengerjakan Tes DISC

3. Type S (Steadiness)
Cenderung sebagai orang yang sabar, bisa menjadi pengikut yang loyal sepajang sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapainya, akan berprestasi optimal jika dia bekerja dalam situasi yang aman, tidak banyak pergolakan dan perubahan. Adanya pergolakan dan perubahan menimbulkan rasa tidak nyaman pada yang bersangkutan.
Orang dengan kepribadian tipe S ini cocok bekerja pada bagian Staf, Administrasi, Legal, HR&GA, Produksi, Logistik, Cook, Chef, Waiter/ Waitress, Barista, orang tipe ini sangat suka  bekerja dalam suasana yang aman. Tidak terlalu banyak tuntutan.

4. Type C (Compliance)
Cenderung sebagai seorang yang mengharapkan kesempurnaan baik dalam kehidupan pribadi maupun aktivitas bisnis. Akurasi, detil, sabar adalah sifat yang menonjol pada orang ini. Dia dapat diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menuntut ketelitian dan standard kualitas yang tinggi.
Orang dengan kepribadian tipe D ini cocok bekerja pada bagian Keuangan (F&A), Pengawas, Audit, QC/QA, R&D, IT & Web Design, Purchasing/Procurement, Maintenance, PPIC, Plantation.

Baca juga: Begini Cara Mengerjakan Tes Psikotes MSDT!

Demikian informasi mengenai Tes Psikotes DISC yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian