icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peran-Peran Penting Yang Pengusaha Katering Wajib Ketahui
Siker.id | 29 Mar 2023 15:05


Bagikan ke
ilustrasi pengusaha katering (siker / doc.freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Salah satu usaha yang digemari saat ini adalah usaha katering karenakeuntungan dalam menjalankan usaha katering lumayan banyak. Selain itu, usaha katering dapat dikategorikan sebagai hobi yang berbayar bagi orang-orang yang gemar memasak.

Baca juga: Ingin Jadi Pengusaha Katering? Simak 3 Tips Jitu Ini!

Biasanya pengusaha memulai usaha katering dalam skala kecil dan terus mengembangkan usahanya menjadi skala besar. Ketika usaha katering telah menjadi usaha dengan skala besar tentunya akan mebutuhkan dan melibatkan banyak tenaga kerja.

Sebagai seorang pengusaha katering, anda wajib memahami peran-peran penting dalam bisnis usaha katering agar tidak salah memilih dan merekrut pegawai.

Baca juga: 4 Bisnis Katering Ini Bisa Jadi Referensi Membuka Bisnis!

Berikut kami rangkumkan peran atau jabatan yang dibutuhkan dalam usaha katering:

  1. Juru masak

Juru masak memiliki peran terpenting dalam usaha katering. Juru masak memiliki tugas untuk meracik dan memasak makanan katering

  1. Asisten juru masak

Asisten juru masak bertugas membantu juru masak dalam memasak makanan.

  1. Juru cuci

Juru cuci memiliki tugas untuk mencuci peralatan masak dan peralatan makan yang kotor, mengeringkan peralatan yang sudah dicuci menggunakan lap bersih, serta menyimpan peralatan pada tempatnya.

  1. Kapten Pelayanan

Kapten pelayanan bertugas mengkoordinasi tugas dari para pelayan selama acara. Kapten pelayanan merupakan kendali utama dalam pengaturan alat, servis, dan segala pekerjaan katering selama acara berlangsung

  1. Pelayan katering

Pelayan katering memiliki tugas untuk menyajikan makanan dan mengisi pemanas lauk yang sudah kosong makanannya. Selain itu, pelayan katering juga bertugas untuk membawa piring dan gelas yang kotor ke dapur, menyiapkan peralatan katering, dan melayani tamu.

  1. Pembantu umum

Pembantu umum bertugas mengerjakan apa saja yang perlu dibantu untuk memudahkan pekerjaan karyawan lain. Pembantu umum dapat membantu memasak, menyimpan barang, mengemas pesanan, mengangkat barang-barang pesanan, dan menyuci piring dan gelas kotor.

  1. Pegawai administrasi

Pegawai administrasi memiliki tugas untuk memegang keperluan administrasi kantor seperti pemesanan, pemasaran, bagian keuangan, administrasi umum, dan urusan administrasi lainnya

  1. Sopir

Sopir atau kurir katering memiliki tugas operasional usaha. Sopir katering biasanya bertugas untuk mengantar pesanan, mengambil pesanan, mengantar karyawan katering, dan mengantar belanjaan

Baca juga: Staf Administrasi: Pengerian, Tugas, dan Skill

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

TAG :

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian