icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Jadi Pengusaha Katering? Simak 3 Tips Jitu Ini!
Siker.id | 19 Dec 2022 16:09


Bagikan ke
Pengusaha katering (siker))

siker.id – Bisnis katering saat ini masih dipandang menjadi bisnis yang menguntungkan, lho.

Pasalnya, bisnis ini menjadi kebutuhan dasar orang-orang.

Terdapat berbagai jenis katering yang ada di pasaran mulai dari usaha katering box untuk hajatan, kantor hingga sekolah-sekolah.

Menu katering yang ditawarkan pun beragam mulai dari makanan rumahan, makanan tradisional, makanan penutup atau camilan, hingga makanan diet.

Nah, jika kamu memang berminat menjadi seorang pengusaha katering, ada baiknya kamu simak tips atau cara jitu menjadi seorang pengusaha katering di bawah ini!

Baca Juga: Kamu Seorang Pengusaha? Kenali 6 Tipe Pembeli Ini!

Tips Jitu Menjadi Pengusaha Katering

Dikutip dari laman vocasia.id dan blog amartha, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuka katering diantaranya:

1. Lakukanlah riset pasar

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset pada pasar.

Untuk menjadi seorang pengusaha katering, kamu harus mempersiapkan usahamu terlebih dahulu dengan melakukan riset pasar.

Riset pasar yang dimaksud di sini ialah kamu dapat menganalisis dan mengamati para kompetitormu.

Dari riset ini, nantinya kamu dapat menentukan strategi mana yang tepat dalam mengembangkan bisnis kateringmu sesuai dengan kualitas yang ingin kamu kejar.

Kamu juga bisa mengamati bagaimana mereka melakukan promosi, jenis katering yang paling banyak diminati, harga katering, hingga target pembeli.

Dari situlah, kamu bisa belajar bagaimana mengelola bisnis katering ini.

2. Tentukan jenis katering

Setelah kamu melakukan riset pasar, kamu bisa menentukan jenis kateringmu.

Di pasaran sendiri, banyak jenis-jenis katering.

Ada katering untuk sekolah, katering untuk kantor/perusahaan, katering untuk pesta atau hajatan, hingga katering rumahan.

Ini penting untuk kamu lakukan karena dengan begitu kamu, sebagai owner, mampu memetakkan apa saja yang dibutuhkan ke depannya untuk berbisnis katering tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjadi Pengusaha Muda dari Nol!

3. Terapkan strategi promosi yang baik

Tips yang tak kalah penting ialah promosi.

Ya, promosi ini bisa dikatakan sebagai ‘ujung tombak’ bisnis agar dapat dikenal kalangan luas.

Kamu bisa melakukan promosi dengan menggabungkan metode offline maupun online.

Strategi promosi yang bisa kamu lakukan misalnya adalah dengan membuat spanduk, mencari tester produk, promosi mulut ke mulut, hingga strategi door to door alias menjemput bola.

Untuk strategi door to door ini, jika kamu berkeinginan untuk membuka jenis katering acara, kamu bisa mengunjungi gedung penyelenggara acara dan meminta daftar calon penyewa gedung.

Pastinya, mereka akan membutuhkan katering pada acara, untuk itu kamu bisa mendekati terlebih dahulu dan menawarkan jasamu, sobat siker.

Adapun strategi promosi online yang bisa kamu lakukan antara lain, membayar jasa sewa influencer, memanfaatkan Google Business, hingga membuat akun media sosial untuk mempromosikan bisnismu lebih luas.

Nah, itu tadi artikel mengenai pengusaha katering yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar