Ingin Jadi Seorang Editor Buku? Pelajari 3 Skill Ini!
Siker.id | 11 Nov 2022 17:17


Bagikan ke
Editor buku (siker)

siker.id – Pekerjaan menjadi seorang editor saat ini dinilai menghasilkan, lho.

Ya, salah satu pekerjaan yang bisa kamu coba adalah menjadi seorang editor buku, sobat siker.

Dikutip dari laman campuspedia, editor buku adalah seseorang yang bertugas untuk mengedit atau memeriksa naskah buku sebelum diterbitkan.

Editor buku akan bekerja sama dengan penulis buku untuk mengembangkan ide dan memperbaiki tulisan, untuk menghasilkan naskah yang sempurna.

Nah, bagaimana? Apakah kalian tertarik menjadi seorang editor buku? Bila kamu tertarik, sebaiknya kamu memahami beberapa hal di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Skill yang Harus Kamu Kuasai sebagai Editor Video

Skill yang Dibutuhkan Seorang Editor Buku

Apabila kamu ingin menjadi seorang editor buku, sebaiknya kamu kuasai skill yang berkaitan dengan pekerjaan ini. Dilansir dari laman Masterclass, berikut tiga skill yang bisa kamu kuasai antara lain:

1. Keterampilan komunikasi yang kuat

Keterampilan pertama adalah memiliki komunikasi yang baik.

Ya, seorang editor buku harus tahu apa yang membuat sebuah tulisan bagus, dan mereka tahu bagaimana mengomunikasikan informasi itu secara jujur dan efektif kepada penulis.

Editor yang memberikan feedback dengan cara yang baik tanpa merendahkan kemampuan penulis cenderung dapat mempertahankan hubungan kerja yang baik dengan kliennya.

Untuk itu, kuasai hal ini, ya, sobat siker!

2. Keterampilan menulis yang baik

Keterampilan yang kedua yang harus dimiliki seorang editor buku adalah kemampuan menulis.

Seorang editor buku yang baik harus tahu apa yang membuat tulisan menjadi baik karena ia sendiri memiliki kemampuan menulis yang baik.

Selain itu, ia juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang bahasa, cara menyusun teks, dan cara yang tepat untuk memformat kalimat dan tata bahasa.

Baca Juga: Pelajari 4 Tips Penting Ini Jika Ingin Menjadi Editor Video

3. Memperhatikan detail

Menjadi seorang editor buku tentu harus memiliki kemampuan dalam memperhatikan hal detail.

Hal ini nantinya dapat membantu editor dengan cepat menangkap ketidakkonsistenan atau informasi yang salah.

Menjadi seorang editor tentu pekerjaan yang berat, terutama ketika kamu menghabiskan waktu berjam-jam menatap teks yang sama.

Namun, para editor harus menjaga mata mereka tetap tajam dan memperhatikan naskah untuk membuatnya menjadi sebuah tulisan yang layak terbit.

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan seorang editor buku yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tugas Utama Editor Artikel


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar