Skill yang Harus Kamu Kuasai sebagai Editor Video
Siker.id | 11 Oct 2022 11:00


Bagikan ke
Skill yang Harus Kamu Kuasai sebagai Editor Video (siker)

siker.id - Profesi editor video mengharuskanmu mahir dalam mengedit video. Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mengedit sebuah video. Nah, kemampuan hard skill memang sangat penting untuk profesi ini. Selain itu, kamu juga harus memiliki soft skill seperti mampu bekerja dalam tim, karena hal tersebut dibutuhkanmu untuk menjadi editor video yang hebat.

Nah, skill apa saja sih yang harus kamu kuasai sebagai editor video ?

Baca Juga : Berikut Tugas Utama dari Seorang Editor Video

Simak penjelasan berikut ya sobat siker !

1. Mampu bekerja di lingkungan kolaboratif

Skill pertama yang harus kamu kuasai adalah mampu bekerja di lingkungan yang kolaboratif. Seorang editor video diharapkan mampu bekerja sama dengan anggota produksi lainnya, seperti produser, sutradara, dan lainnya agar karya yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, editor video juga harus bisa menerima apapun kritik yang diberikan untuk hasil suntungannya, sehingga dapat mengerjakan revisi dengan baik.

2. Menguasai apikasi edit video

Skill kedua yang harus kamu kuasai adalah menguasai aplikasi edit video. Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video, seperti Filmora, Adobe Premiere Pro, Media Composer dan lainnya. Seorang editor video juga wajib memiliki kemampuan problem solving.

Pasalnya, pasti ada saat-saat di mana muncul permasalahan teknis ketika sedang mengedit sebuah video.

Ketika sudah memahami software yang digunakan dengan baik, kamu jadi bisa memecahkan masalah yang ada dengan baik pula.

Baca Juga : Apa Tugas Video Editor Dalam Perusahaan Media?

 

3. Kecepatan menyelesaikan revisi

Skill ketiga yang harus kamu kuasai adalah kecepatan menyelesaikan revisi. Seorang editer video sangat membutuhkan skill yang satu ini, engingat industri kreatif memiliki pace yang terbilang cukup cepat.

Meskipun diharapkan menyelesaikan revisi dengan cepat, kualitas yang diharapkan tetap sesuai dengan standar yang sudah ada.

Jangan sampai selesai cepat, tetapi kualitasnya tidak terjaga.

4. Menginterpretasikan arahan sutradara dan produser

Skill keempat yang harus kamu kuasai adalah dapat menginterpretasikan arahan sutradara dan produser. Sebagai editor video, kamu harus memiliki skill untuk menginterpretasikan arahan dari sutradara menjadi karya visual yang ciamik.

Meskipun begitu, kamu juga perlu mempertimbangkan keinginan produser.

Jika kedua pihak memiliki pendapat yang berbeda, editor akan diharapkan menjadi semacam penengah yang bisa mempertemukan kedua pendapat tersebut.

5. Memiliki sense of music yang baik

Skill kelima yang harus kamu kuasai adalah memiliki sense of music yang baik. Sebagai editor video harus memiliki kemampuan untuk mengetahui music apa yang cocok di setiap adegan. Jangan sampai musik yang digunakan tidak nyambung dengan adegan yang sedang dijalankan.

Nah, itu tadi beberapa skill yang harus kamu kuasai sebagai editor video.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : 3 Tugas Utama Editor Artikel

 

 

 

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar