Pelajari 4 Tips Penting Ini Jika Ingin Menjadi Editor Video
Siker.id | 27 Sep 2022 14:00


Bagikan ke
Tips Penting Ini Jika Ingin Menjadi Editor Video (siker)

siker.id – Kini, profesi sebagai editor video banyak diminati oleh orang-orang khususnya anak muda. Sesuai dengan namanya, pekerjaan editor video berhubungan dengan bagaimana menghasilkan video yang baik melalui proses editing yang baik pula.

Dilansir dari Glints.com, seorang editor video bertugas dalam mengumpulkan dan mengolah beberapa materi video yang tersedia menjadi satu video untuk yang siap untuk disebarluaskan.

Materi ini bisa berupa footage, dialog, wawancara, grafis, dan sound effect. Editor adalah posisi kunci dalam proses pasca produksi yang akan menentukan kualitas dari produk yang dibuat.

Nah, menjadi seorang editor video tentu dibutuhkan langkah-langkah yang tepat dalam menghasilkan video yang berkualitas. Agar kamu tidak salah langkah, berikut tips yang bisa kamu gunakan, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tugas Utama Editor Artikel

Pelajari Software Editing

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak belajar mengenai software editing yang nantinya akan digunakan dalam mengedit video.

Namun, jangan hanya dipelajari saja, sobat siker! Pastikan kamu juga memahami apa yang kamu pelajari. Jangan sampai kamu sudah belajar tetapi tidak ada yang kamu pahami.

Kuasai Bahasa Visual

Tips kedua adalah menguasai bahasa virtual. Proses video editing adalah salah satu cara dalam bercerita melalui bahasa visual. Bahasa ini mendeskripsikan pesan yang merangkum persepsi dan pemahaman filmmaker melalui visualisasi yang terstruktur.

Maka dari itu, pemahaman akan bahasa visual merupakan hal yang sangat krusial bagi seorang editor.

Baca Juga: 3 Kegunaan Video Email Marketing

Bangun Sebuah Cerita

Tips selanjutnya adalah membangun sebuah cerita. Dalam mengedit sebuah video, tugas seorang video editor adalah membuat potongan-potongan video yang sudah diambil dijadikan sebuah cerita.

Pastikan kamu teliti dalam mengurutkan potongan-potongan videonya ya, agar terbuat sebuah cerita yang sudah direncankan sebelum pengambilan berlangsung.

Perbanyak Referensi

Tips terakhir adalah dengan memperbanyak referensi. Referensi bagi seorang video editor dapat berasal dari berbagai sumber. Film pemenang penghargaan, buku tentang film, workshop, atau video tutorial di internet semakin mudah diakses untuk kalian yang ingin belajar lebih lanjut tentang video editing.

Bahkan, lingkungan sekitarmu juga bisa menjadi referensi untuk memperkaya keterampilan editing kamu. Walaupun kamu sudah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan, usahakan untuk tidak menutup diri pada sekitarmu karena ilmu baru bisa kamu temui di tempat dan waktu yang tidak terduga.

Nah, itu tadi 4 Tips Penting Ini Jika Ingin Menjadi Editor Video yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Video Animasi


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar