3 Tugas Utama Editor Artikel
Siker.id | 09 May 2022 10:00


Bagikan ke
Tugas editor artikel (siker)

siker.id - Buat yang sering menulis artikel, pasti pernah merasakan penatnya menanti artikel terbit. Terkadang bikin kesal dan buat kita bertanya-tanya, "Artikelku kapan terbitnya, sih? lalu editor itu tugasnya apa saja sampai lama dalam urusan mengedit satu artikel doang?" Eits, kerjaan content editor bukan hanya sebatas mengedit tulisan supaya terlihat rapi, lho. Nyatanya, mereka punya sejumlah tanggung jawab yang perlu dipenuhi ketika mengurasi tulisan. Lantas, apa saja tugas dari seorang content editor? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Kebosanan saat Menulis

Memperbaiki tulisan agar lebih mudah dibaca

Sebuah tulisan, sekalipun padat informasi, akan menjadi kurang bagus kalau sulit dibaca dan dipahami. Sebab, pada dasarnya, tujuan utama menulis adalah bagaimana pesan kita sampai ke hati readers alias pembaca. Nah, sebagai reader pertamamu, editor akan membaca dan mencoba untuk memahami tulisanmu. Kalau ternyata mereka tidak paham, kemungkinan besar publik juga sama bingungnya ketika membaca tulisanmu. Di sinilah peran penting content editor untuk memperbaiki artikelmu. Untuk tugas yang satu ini, biasanya, editor akan berkutat dengan penggunaan kalimat efektif.

Memastikan konten tidak plagiat dan gambar bebas copyright

Tindakan plagiarisme tentu tidak bisa ditoleransi. Secara moral, menjiplak karya seseorang tanpa sepengetahuan penciptanya sama saja dengan mencuri. Namun, mengapa content editor perlu mengecek hal ini? Di satu sisi, ini supaya mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada penulis. Sebab, berdasarkan Pasal 72 Undang-Undang Hak Cipta, pelaku plagiat sangat mungkin untuk ditindak pidana, lho! Di sisi lain, artikel yang terdeteksi menjiplak bisa berdampak pada citra media/penerbit tersebut. Nah, dalam dunia bisnis digital, tindakan plagiarisme termasuk ke dalam Black Hat SEO, yaitu jenis strategi SEO yang curang. Selain memeriksa isi tulisan, content editor juga perlu memastikan gambar yang penulis sertakan bebas copyright atau hak cipta.

Baca juga: 3 Cara Produktif Menulis Jurnal Harian

Menyesuaikan tulisan dengan SEO

Seperti yang telah disinggung di poin-poin sebelumnya, content editor sangat erat kaitannya dengan SEO dewasa ini. Buat yang belum tahu, SEO berguna untuk membantu situs agar berada di peringkat pertama hasil pencarian mesin pencari, seperti Google. Ketika menyunting artikel sesuai dengan SEO, editor perlu memerhatikan banyak hal, mulai dari penyebaran keyword (frasa kunci), penggunaan kalimat pasif, alternative text foto, membuat meta description, hingga mencantumkan link internal dan eskternal. Untuk melakukan ini, editor biasanya dibantu dengan tools SEO tertentu. Salah satu tools yang paling populer adalah Yoast SEO yang biasa menjadi plugin di WordPress.

Sekian artikel tentang tugas utama editor artikel. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Fungsi Page Layout dalam Dunia Menulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar