icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Pekerjaan Admin Support
Siker.id | 12 Oct 2022 13:55


Bagikan ke
Pekerjaan admin support (siker)

siker.id – Suatu perusahaan tentu membutuhkan bidang pekerjaan yang mengurusi administrasi dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengadministrasian perusahaan. Nah, salah satu pekerjaannya ialah admin support.

Ya, admin support memiliki tugas untuk membantu semua aspek administrasi, memelihara dan mengelola inventaris aset dan persediaan barang, mengirim dan menerima email, membuat laporan, dan memberikan dukungan kepada karyawan yang membutuhkan.

Lantas, apa saja pekerjaan lain dan skill yang dibutuhkan untuk seorang admin support? Simak penjelasannya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Admin Officer

Jobdesc Admin Support

Secara umum, pekerjaan admin support ini adalah memastikan semua tata kelola kegiatan perusahaan berjalan dengan lancar. Terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab lain dari seorang admin support antara lain:

Melakukan Pemetaan Sumber Pemasok

Pekerjaan admin support ini berkaitan dengan pihak eksternal perusahaan. Di mana mereka harus melakukan pemetaan pemasok yang digunakan oleh perusahaan. Ini adalah bagian dari tugas memberikan support pengelolaan inventaris aset dan persediaan barang.

Mereka juga harus tahu dari mana saja pasokan persediaan barang dan bagaimana kualitasnya. Bila kualitas buruk atau harga terlalu mahal, mereka dapat mengajukan pergantian vendor kepada atasan.

Menjadwalkan dan Mengkoordinasi Pertemuan

Ini juga menjadi tugas seorang admin support. Pekerjaan ini merupakan bagian dari membuat agenda kantor.

Biasanya nantinya admin support akan berkoordinasi dengan bagian unit operasional atau unit lainnya sebelum menjadwalkan pertemuan.

Memberi Support Manajemen

Jobdesc selanjutnya seorang admin support adalah memberikan support kepada semua aspek manajemen administrasi. Biasanya seorang admin support akan membantu dalam hal kesekretarisan dan administrasi.

Mengecek Persediaan Logistik

Jobdesc selanjutnya adalah mengecek persediaan logistik. Kegiatan perusahaan tentu tidak akan berjalan lancar bila tidak didukung dengan persediaan logistik yang memadai.

Admin support bertanggung jawab untuk mengecek apakah persediaan logistik masih memadai. Mereka juga harus melakukan pemeliharan direktori dari logistik yang masih ada.

Administrasi dan Surat Menyurat

Sebagai admin support, nantinya tidak akan lepas dari hal surat menyurat dan kegiatan yang berkaitan dengan administrasi lainnya.

Seperti mempersiapkan korespondensi bisnis, mengelola file, membuat dan merekap penjualan, data entry, dan lainnya.

Baca Juga: 4 Keahlian Dasar untuk Menjadi Admin HRD

Skill Admin Support

Bila kamu berminat menjadi seorang admin support, kamu harus memiliki beberapa keterampilan. Berikut keterampilan yang perlu kamu kuasai antara lain:

Komunikasi yang Baik

Keterampilan yang perlu kamu kuasai adalah komunikasi yang baik. Ya, admin support merupakan pekerjaan yang akan banyak berinteraksi dengan berbagai orang baik itu internal dan eksternal dari perusahaan.

Untuk berkoordinasi dengan banyak orang tentu dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik dan efektif agar pesan yang disampaikan jelas dan membangun kesepahaman.

Manajemen Waktu

Keterampilan selanjunya yang perlu dimilikki adalah manajemen waktu. Pasalnya, kamu akan dituntut untuk dapat bekerja cepat dan tepat, ini semua tidak akan bisa tanpa kemampuan kamu dalam memanajemen waktu.

Kamu harus bisa menyusun skala prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Menguasai Microsoft Office

Ini juga menjadi keterampilan wajib yang dikuasai seorang admin support. Pekerjaan admin tidak akan lepas dari mengorganisir dan memasukan data-data perusahaan.

Untuk itu sudah wajib hukumnya kamu bisa menguasai Ms.Office atau setidaknya dasar Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point.

Nah, itu tadi artikel mengenai Admin Support yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Keahlian Yang Wajib Dimiliki Admin HRD


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar