5 Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Admin Officer
Siker.id | 28 Jun 2022 08:30


Bagikan ke
Tugas admin officer (siker)

siker.id - Hampir semua perusahaan pasti memiliki petugas administrasi atau admin officer. Bahkan, dapat dikatakan, admin officer adalah bagian penting dari operasional perusahaan. Bagaimana tidak? Biasanya, admin officer adalah orang yang sering menjawab panggilan telepon, menjadwalkan pertemuan para manajer dan atasan, hingga menyiapkan laporan, serta mengarsipkan dokumen. Tanpa admin officer, mungkin pengelolaan arsip dan laporan dapat terkendala. Lalu apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang admin officer? Berikut ulasannya!

Baca juga: 4 Keahlian Dasar untuk Menjadi Admin HRD

Mengelola peralatan kantor

Tugas selanjutnya seorang admin officer adalah memastikan barang persediaan kantor terpelihara dengan baik. Mulai dari memeriksa barang inventaris, peralatan tulis, perlengkapan kantor, hingga bekerja sama dengan vendor. Terutama jika ada barang atau perlengkapan yang dibutuhkan setiap saat, admin officer adalah orang yang bertugas menghubungi vendor tersebut.

Mengatur jadwal

Dalam hal mengelola pertemuan atau meeting, tugas admin officer adalah mengoordinasikan jadwal dan mengirimkan memo atau laporan. Sehingga, semua karyawan dapat mengetahui berita atau informasi perusahaan yang diperlukan.

Operator mesin faks/printer

Hampir setiap hari tugas admin officer adalah berkaitan dengan operasional perlengkapan kantor. Admin officer harus bisa mengoperasikan peralatan mesin fotokopi, mesin faks, printer, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Keahlian Yang Wajib Dimiliki Admin HRD

Penanganan dokumen

Tanggung jawab dan tugas lainnya dari admin officer adalah menangani pengiriman laporan atau berkas antar departemen. Terkadang, admin officer juga perlu bepergian ke luar kota atau kantor cabang perusahaan untuk mengirimkan laporan dan file. Selain itu, tugas admin officer adalah memastikan kerahasiaan dan keamanan file serta sistem pengarsipan.

Menyambut dan menangani keluhan pengunjung

Setiap hari, admin officer dapat bertemu langsung dengan pengunjung, tamu, maupun pelanggan. Terkadang, mereka juga mengarahkan serta menjawab pertanyaan lewat telepon untuk menangani keluhan pelanggan dengan cara sopan dan profesional.

Sekian artikel tentang tugas dan tanggung jawab seorang admin officer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tantangan Karir seorang Generalis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar