5 Keahlian Yang Wajib Dimiliki Admin HRD
Siker.id | 10 May 2022 12:15


Bagikan ke
Ilustrasi Admin HRD (freepik/siker.id)

siker.id - Setiap perusahaan ada cukup banyak divisi, salah satunya adalah HRD atau Human Resource Department. Umumnya, dalam divisi HRD ada banyak jenis tugasnya dan juga dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya yaitu admin HRD. Apa saja sih keahlian jika ingin menjadi admin HRD?

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa keahlian yang wajib dimiliki seorang admin HRD.

Baca juga : Berikut Tugas serta Skill Menjadi Android Developer

1. Teliti, detail dan fokus

Dengan berbagai pekerjaan admin HR, diperlukan keahlian teliti, detail dan focus. Beberapa pekerjaan seperti input berbagai data karyawan, menyiapkan surat dinas dan sebagainya tentu tidak boleh ada kesalahan, sehingga ada baiknya jika keahlian ini melekat pada admin HR.

Namun bukan berarti pekerjaan ini mengerikan, ada baiknya sebagai admin HR selalu mengevaluasi pekerjaannya sendiri pada hari itu agar tidak ada yang terlewat dan lebih baik lagi kedepannya.

2. Multitasking

Multitasking tentu saja sudah harus menjadi kemampuan admin HR. Begitu banyak pekerjaan yang berhubungan dengan karyawan yang bermacam-macam dan urusan yang berbeda-beda.

Maka dari itu admin HR perlu memiliki catatan khusus untuk dirinya sebagai pengingat pekerjaan mana yang sudah dikerjakan dan belum dikerjakan. Apalagi jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan hampir di waktu yang bersamaan.

Baca juga : Ini Beberapa Keahlian Lulusan SMA Agar Dapat Kerja

3. Kerjasama Tim

Kerjasama tim juga perlu dimiliki sebagai kemampuan dasar seorang admin HR. Pekerjaan mengenai absensi atau daftar hadir, kontrak kerja dan surat menyurat tentu akan berhubungan dengan macam-macam divisi yang terkait. Tidak hanya itu, kerjasama dengan karyawan perusahaan juga diperlukan agar semua berjalan selaras dan tepat waktu.

4. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab rasanya bukan hanya dimiliki oleh admin HR saja, namun jangan salah jika ternyata kemampuan inilah yang menunjukkan profesionalitas. Bertanggung jawab dengan segala tugas sebagai admin HR akan membantu perusahaan menangani karyawan dalam segi administrasi.

5. Profesional

Profesional sebagai admin HR tentu menyelesaikan seluruh pekerjaan tepat waktu dan sesuai porsinya. Kesulitan seperti berteman di lingkungan kantor dan mempunyai posisi sebagai admin HR juga tidak dapat berpengaruh apa-apa. Sehingga sikap profesionalitas tetap harus dijalankan kepada siapapun yang ada di dalam perusahaan.

Itulah dia beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh admin HRD, semoga dapat membantu. Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut Contoh Menuliskan Keahlian dalam CV


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar