4 Keahlian Dasar untuk Menjadi Admin HRD
Siker.id | 10 May 2022 17:30


Bagikan ke
Keahlian dasar admin hrd (siker)

siker.id - Bila melihat secara umum, seorang HRD memiliki tugas yang berkaitan dengan karyawan. Misalnya saja, dalam proses recruitment, evaluasi, pengembangan, sampai PHK atau pemutusan hubungan kerja. Divisi ini juga biasanya akan ada dalam perusahaan berskala besar atau perusahaan induk. Namun, tidak seluruhnya tugas tersebut dilimpahkan pada satu orang. Ada bagian lain dalam divisi tersebut yaitu Admin HRD. Menjadi seorang admin HRD ternyata tidak semudah menjadi admin-admin pada umumnya karena kamu harus memiliki beberapa keahlian dasar berikut ini:

Baca juga: 3 Kegiatan Fresh Graduate buat Menarik HRD

Teliti, detail dan focus

Dengan berbagai pekerjaan admin HR, diperlukan keahlian teliti, detail dan focus. Beberapa pekerjaan seperti input berbagai data karyawan, menyiapkan surat dinas dan sebagainya tentu tidak boleh ada kesalahan, sehingga ada baiknya jika keahlian ini melekat pada admin HR. Namun bukan berarti pekerjaan ini mengerikan, ada baiknya sebagai admin HR selalu mengevaluasi pekerjaannya sendiri pada hari itu agar tidak ada yang terlewat dan lebih baik lagi kedepannya.

Multitasking

Multitasking tentu saja sudah harus menjadi kemampuan admin HR. Begitu banyak pekerjaan yang berhubungan dengan karyawan yang bermacam-macam dan urusan yang berbeda-beda. Maka dari itu admin HR perlu memiliki catatan khusus untuk dirinya sebagai pengingat pekerjaan mana yang sudah dikerjakan dan belum dikerjakan. Apalagi jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan hampir di waktu yang bersamaan.

Baca juga: 4 Tips Membuat Portofolio yang Menarik Hati HRD

Kerjasama Tim

Kerjasama tim juga perlu dimiliki sebagai kemampuan dasar seorang admin HR. Pekerjaan mengenai absensi atau daftar hadir, kontrak kerja dan surat menyurat tentu akan berhubungan dengan macam-macam divisi yang terkait. Tidak hanya itu, kerjasama dengan karyawan perusahaan juga diperlukan agar semua berjalan selaras dan tepat waktu.

Pintar organisasi

Organisasi dalam perusahaan tentu akan berhubungan dengan bagaimana mengelola karyawan, bagaimana bersikap dengan karyawan satu dan yang lain dan menyusun strategi budaya kerja di dalamnya. Semua hal tersebut diperlukan kemampuan organisasi yang cukup kreatif namun juga menciptakan lingkup kerja yang nyaman dan disiplin.

Sekian artikel tentang keahlian yang harus dikuasai admin HRD. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips HRD Menyiapkan Interview Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar