4 Cara Meningkatkan Creative Thinking dalam Dunia Kerja
Siker.id | 27 Sep 2022 14:07


Bagikan ke
4 Cara Meningkatkan Creative Thinking dalam Dunia Kerja (siker)

siker.id - Setiap perusahaan di era modern akan mengalami transisi menuju digital sehingga karyawan dituntut dapat berpikir kreatif untuk mengimbangi perkembangan yang ada. Terlepas di mana pun berada, perusahaan, atau rencana pengembangan kariermu ke depan, tentu berpikir kreatif akan memberikan dampak signifikan dalam menyelesaikan pekerjaan. Creative thinking akan membantu mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang dengan ide-ide orisinal. Bagi sebagian orang, keterampilan berpikir kreatif mungkin sulit direalisasikan. Namun, keterampilan berpikir kreatif ini dapat dikembangkan secara perlahan. Untuk memahaminya secara lebih mendalam, simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : 4 Cara Meningkatkan Kemampuan Inisiatifmu!

Berikut cara meningkatkan creative thinking dalam dunia kerja.

1. Berpikiran terbuka

Kesediaan untuk mencari dan memahami ide-ide baru sangat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif seseorang. Untuk melatih keterbukaan pikiran, maka dalam menghadapi suatu situasi, kamu perlu mempertimbangkan bagaimana orang lain mungkin menghadapinya. Pengalaman dan pengetahuan orang dapat membuatmu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Dengan demikian, wawasan yang dimiliki akan lebih luas sehingga berbagai cara dapat ditemukan melalui ide-ide unik.

2. Tingkatkan kebiasaan merangsang pikiran

Keterampilan berpikir kreatif dapat terus diasah dengan melakukan beberapa kebiasaan yang merangsang kemampuan berpikir. Tempat terbaik untuk memulainya adalah dengan bertanya pada diri sendiri. Hal-hal apa saja yang dapat ditingkatkan dari setiap hal yang telah dijumpai. Hasil seperti apa yang diharapkan dari peningkatan yang telah dilakukan serta bagaimana hal itu akan memengaruhi dirimu dan orang lain.

Baca Juga : 3 Tips Meningkatkan Skill Problem Solving!

3. Belajar mengekspresikan pikiran

Melamun dan brainstorming merupakan dua hal yang dapat meningkatkan imajinasi dalam jangka panjang. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap pemikir kreatif dapat dikenal sebagai pemikir ulung karena mereka mampu menggambarkan konsep yang telah dipikirkan. Pemikir kreatif biasanya mulai dengan satu ide dan menambahkan beberapa pemikiran baru untuk mengasah keterampilan berpikir kreatif yang dimiliki. Hal tersebut dapat membantu dalam mempertimbangkan semua kemungkinan hasil dari suatu situasi.

4. Nikmati konten yang tidak biasa

Keterampilan creative thinking dapat diasah dengan mempertimbangkan keluar dari zona nyaman dan mengonsumsi sesuatu yang baru. Misalnya, jika biasanya kamu suka menonton film atau membaca buku dengan genre tertentu, maka kamu dapat memilih genre baru. Penggemar film aksi dapat mempertimbangkan untuk menonton film dokumenter. Atau yang biasanya gemar membaca novel sejarah, maka dapat mencoba memiliki buku fiksi. Variasi pada hal baru dapat membantumu berinteraksi dengan hal yang mungkin sebelumnya belum diketahui.

Sekian artikel tentang 4 Cara Meningkatkan Creative Thinking dalam Dunia Kerja.

Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca Juga : Begini 4 Cara Meningkatkan Skill People Management


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian