icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Meningkatkan Skill Problem Solving!
Siker.id | 20 Sep 2022 14:40


Bagikan ke
Tips meningkatkan skill problem solving (siker)

siker.id – Dalam keseharianmu, pasti terdapat masalah yang muncul. Terlebih, jika kamu adalah seorang pekerja. Pastinya, kamu memiliki masalah dari A sampai Z. Nah, agar masalahmu itu tidak semakin mengganggumu, kamu perlu memiliki keterampilan pemecah masalah yang baik.

Dengan terus mengasah keterampilanmu itu, kamu akan jauh lebih baik ketika menghadapi suatu permasalahan. Lantas, apa saja tips-tipsnya? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Masalah Kesehatan Mental Karyawan!

Ubah Pola Pikir

Langkah pertama adalah dengan mengubah pola pikir. Daripada mencoba menghindari masalahmu itu, lebih baik kamu melihat masalah tersebut secara positif dengan menganggapnya sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan. Untuk itu, mengubah pola pikir dapat membuat kamu merasa tidak terbebani sehingga dapat menganalisis masalah dengan baik.

Lakukan secara Bertahap

Langkah kedua adalah melakukannya dengan bertahap. Ketika menghadapi sebuah masalah, jangan langsung fokus untuk mencari solusi akhir. Coba untuk melakukannya secara bertahap. Dimulai dengan mengidentifikasi masalah, mencari penyebab, dan menemukan solusi yang tepat. Dengan melakukan secara bertahap akan melatih kemampuan berpikir strategis dan dapat mengambil keputusan yang sesuai.

Baca Juga: 3 Cara Tetap Fokus meski Ada Masalah

Gunakan Mind Mapping

Ketiga, gunakan mind mapping dengan baik. Dikutip dari mindmeister.com, bahwa dengan memvisualisasikan tujuan, masalah, ide, dan poin tindakan dalam mind mapping dapat membantu kamu melihat gambaran yang lebih besar hingga menemukan ide-ide yang mungkin terlewatkan. Dengan menggunakan mind mapping juga dapat mengasah pola pikir untuk menyusun konsep kreatif yang akan menjadi solusi dari sebuah masalah.

Nah, itu tadi 3 Tips Meningkatkan Skill Problem Solving yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar