Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 4 Cara Meningkatkan Strategic Thinking!
Siker.id | 20 Sep 2022 15:14


Bagikan ke
Cara Meningkatkan Strategic Thinking (siker)

siker.id – Kita perlu memiliki pola pikir yang baik dan terarah ke depan. Sebab, pada masa yang akan datang kita belum pasti tahu apa yang akan terjadi. Untuk mempersiapkan itu, kita perlu memiliki pikiran yang strategis. Apa itu?

Definisi sederhana dari pikiran strategis ialah kemampuan membuat rencana untuk masa depan. Sebuah kapasitas untuk menyiapkan strategi dan mewujudkan gagasan yang diselaraskan dengan lingkungan termasuk tantangan dan hambatan yang mungkin menghadang di depan nanti.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir strategis? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Pahami 3 Proses Manajemen Strategis Ini!

Biasakan Menentukan Prioritas

Pertama, kamu harus terbiasa dalam menentukan prioritas. Asah kemampuan berpikir srategis dengan membiasakan memilih prioritas dalam hal tugas dan waku di keseharian pekerjaan. Selalu periksa tugas-tugas kamu, putuskan mana yang bisa menunggu, dan mana yang paling memberikan manfaat terbesar bila dikerjakan sekarang.

Selalu Berpikir ke Depan

Kedua, selalu berpikir ke depan. Menjadi seorang strategic thinker berarti kamu harus dapat menjadi orang yang visioner. Itu sebabnya biasakan diri untuk berpikir ke depan. Pahami bahwa berpikir ke depan tidak berarti hanya fokus pada apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Namun kamu harus mampu mempertimbangkan apa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang dan masa depan pada saat yang sama. Dengan begitu kamu dapat menentukan strategi dan tindakan yang tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Memiliki Manajemen Strategis!

Pahami Setiap Konsekuensi

Ketiga, pahami setiap konsekuensi. Setiap pilihan memiliki konsekuensi masing-masing. Saat kamu berpikir strategis kamu harus mempertanyakan berbagai sumber dan sudut pandang, serta memikirkan dampak dari setiap opsi.

Karena itu latihlah kemampuan untuk mengidentifikasi dampak dari berbagai skenario dalam pengambilan keputusan.

Tingkatkan Kemampuan Mendengarkan

Langkah ini juga penting kamu lakukan. Cobalah berbicara dengan rekan kerja kamu, perluas jaringan dan pahami perspektif mereka yang berbeda. Bukalah pikiran, terima umpan balik dan evaluasi semua yang kamu dengar.

Latihlah kemampuanmu dalam melihat segala sesuatu dari berbagai perspektif yang berbeda. Dengan melakukan hal ini kamu dapat menemukan berbagai pendekatan untuk suatu situasi dan dapat mengambil kesimpulan yang paling tepat.

Nah, itu tadi 4 Cara Meningkatkan Strategic Thinking yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Cara Mengembangkan Product Mindset


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar
Pencarian